Pemerintahan

Operasi Penanggulangan Kerusuhan di Mako Brimob Berakhir

Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Wakapolri) Komisaris Jenderal (Komjen) Syafruddin memastikan, bahwa Operasi Penanggulangan Kerusuhan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Salemba Cabang Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, telah berakhir pada Kamis (10/5) pukul 07.15 WIB.

 

“Para tahanan telah menyerahkan diri. Saat ini dilakukan isolasi dan pemindahan tahanan,” kata Komjen Syafruddin dalam konferensi pers di Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, Kamis (10/5) pagi.

Sebelumnya narapidana teroris telah menguasai Lapas Salemba Kelapa Dua yang kebetulan berlokasi di Markas Komando (Mako) Brimob itu selama sekitar 36 jam, sejak Selasa (8/5) malam. Mereka berhasil merebut senjata petugas yang sedang berjaga, dan sempat menyandera 9 (sembilan) anggota Polri.

Dari 9 anggota Polri yang menjadi korban penyanderaan itu, lima anggota Polri gugur dalam peristiwa itu yaitu Inspektur Satu Yudi Rospuji Siswanto, Brigadir Fandy Setyo Nugroho, Brigadir Satu Syukron Fadhli, Brigadir Satu Wahyu Catur Pamungkas; dan Ajun Inspektur Dua Denny Setiadi. Empat lainnya luka-luka. Sementara seorang napi teroris, Benny Syamsu Tresno, tewas saat berusaha merebut senjata petugas.

 

Tags

Artikel Terkait

Close
Close