5 Cara Menjaga Kehamilan Sehat yang Perlu Diketahui

dokter M.Nasrudin SpOG MKes/ist

Oleh: dr M.Nasrudin SpOG MKes, Klinik Dr Nas Sepatan

INDOPOLITIKA.COM – Ada beberapa hal penting yang perlu dilakukan ibu hamil untuk menjaga kehamilan sehat, baik secara fisik maupun mental. Menjaga kesehatan kehamilan penting untuk menghindari gangguan yang dapat terjadi pada ibu maupun bayi dalam kandungan.

Dengan begitu, pertumbuhan janin dapat berjalan normal dan ibu hamil pun bisa lebih nyaman menjalani masa kehamilan. Penting bagi setiap ibu hamil untuk selalu menjaga kondisi kehamilannya agar tetap sehat, salah satunya adalah dengan menjalani pemeriksaan kehamilan secara rutin.

Hal ini bisa membantu ibu hamil untuk menentukan perawatan kehamilan yang tepat dan sesuai dengan kondisi kesehatan.

Berikut beberapa cara menjaga kehamilan sehat yang bisa ibu hamil lakukan sehari-hari:

  1. Makan makanan bergizi

Kondisi kesehatan selama kehamilan sangat bergantung pada pola hidup sehat yang diterapkan ibu hamil. Pola makan yang tepat dan bergizi seimbang penting untuk menjaga kehamilan tetap sehat.

Pola makan yang seimbang haruslah mencakup berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti karbohidrat, protein, lemak baik, mineral dan vitamin. Makanan yang mengandung karbohidrat, seperti kentang, roti, pasta, atau nasi makanan tinggi protein, seperti ikan, daging tanpa lemak, telur, dan kacang- kacangan, susu pasteurisasi

dan olahannya, seperti keju dan yoghurt Makanan yang mengandung lemak sehat, misalnya ikan salmon (dimasak matang) dan buah alpukat.

Makanan yang mengandung vitamin C, seperti buah jeruk, jambu biji dan stroberi.

Makanan dan minuman mengandung kalsium, seperti susu yang dipasteurisasi dan sayuran berwarna hijau. Makanan kaya zat besi, seperti brokoli dan kacang-kacangan. Makanan yang mengandung asam folat, seperti kuning telur dan bayam.

Hindari makan daging setengah matang, jeroan hewan, dan makanan cepat saji yang tinggi lemak trans. Meski kebutuhan nutrisi bisa dipenuhi melalui makanan, biasanya suplemen tambahan tetap diperlukan untuk mendukung kesehatan ibu hamil dan janin.

Namun, sebelum mengonsumsi suplemen, ibu hamil sebaiknya berkonsultasi dengan dokter lebih dulu. Selain mencukupi kebutuhan nutrisi dari makanan, Bumil juga perlu minum lebih banyak air minimal 10 gelas setiap hari agar tubuh tetap terhidrasi dan terhindar dari sembelit.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.