Internasional

500 Ribu Tamu Batalkan Reservasi Hotel di Hokkaido

Petugas mencari korban hilang di tengah reruntuhan di kota Atsuma, Hokkaido, Jepang, 9 September 2018. (Foto: AFP)

Sapporo: Sedikitnya 500 ribu tamu membatalkan reservasi hotel mereka di Hokkaido, Jepang, sejak gempa bumi dahsyat berkekuatan 6,6 Skala Richter (SR) melanda prefektur tersebut pada 6 September.

Kabar terbaru disampaikan surat kabar Yomiuri Shinbun, seperti dikutip dari The Straits Times, Sabtu 15 September 2018.

Gempa merusak berbagai ruas jalan, fasilitas pertanian dan infrastruktur lainnya di kota Atsuma, dimana gempa memicu tanah longsor besar. Total kerugian diestimasi mencapai USD192 juta atau setara Rp2,8 triliun.

Jaringan distribusi dan jasa lainnya di Hokkaido perlahan membaik. Namun dampak kerusakan fisik akibat gempa mulai terlihat di berbagai sudut Atsuma dan kota lainnya di Hokkaido.

Menurut data Japan Ryokan dan Asosiasi Hotel cabang Hokkaido, pembatalan 500 ribu akomodasi hotel berimbas pada sektor perekonomian prefektur, dengan kerugian mencapai 10 miliar yen atau setara Rp1,3 triliun.

Angka tersebut kemungkinan bertambah karena asosiasi masih mengumpulkan data tambahan dari sejumlah hotel dan penginapan lain di seantero Hokkaido.

Serangkaian acara di Hokkaido juga telah dibatalkan akibat gempa, yang semakin membuat perekonomian prefektur tersebut terpuruk di tengah musim wisata musim gugur.

Asosiasi Hotel Jepang cabang Hokkaido menyerukan institusi terkait untuk melancarkan kampanye dengan target wisatawan asing. Kampanye bertujuan menghapus miskonsepsi mengenai gempa bumi di Negeri Sakura.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close