Internasional

600 Imigran Diselamatkan dalam Satu Hari di Spanyol

.Penjaga Pantai Spanyol membawa sekelompok imigran ke pelabunan Algeciras, 30 Juli 2018 (Foto: AFP/JORGE GUERRERO)

Madrid: Lebih dari 600 imigran diselamatkan di lepas pantai Spanyol, Senin 3 September 2018. Para imigran tersebut berusaha melintasi Laut Mediterania untuk mencapai Spanyol.

Meski jumlah imigran yang datang ke Eropa via laut menurun bila dibandingkan 2015, angka yang masuk ke Spanyol cenderung naik tahun ini. Jumlahnya melebihi Italia yang sempat menjadi destinasi favorit para imigran.

Juru bicara Penjaga Pantai Spanyol mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa pihaknya telah menyelamatkan 626 imigran asal kontinen Afrika Utara dan sub-Sahara. Para imigran itu diselamatkan dari 16 kapal di Selat Gibraltar dan Laut Alboran.

Ia menambahkan petugas penyelamat juga sedang berusaha menyelamatkan sebuah kapal lainnya yang terombang-ambing di Mediterania. Ia mengaku tidak tahu ada berapa banyak imigran di kapal tersebut.

Data terbaru Organisasi Keimigrasian Internasional (IOM) mencatat lebih dari 28.500 imigran telah tiba di Spanyol via laut sepanjang tahun ini, dengan 313 di antaranya tewas dalam perjalanan.

Juni lalu, Spanyol mengizinkan 630 imigran untuk masuk ke negaranya setelah mereka sempat ditolak Pemerintah Italia. Para imigran itu dibawa ke Spanyol dari tengah laut dengan kapal Aquarius.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close