Internasional

8 MoU Ditandatangani Dalam Pertemuan Tahunan Indonesia-Singapura

Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong di Marina Bay Cruise Center, Singapura. (Foto: Biro Pers Istana).

Jakarta: Pemerintah Indonesia dan Singapura akan mengadakan pertemuan tahunan pemimpin kedua negara di Nusa Dua, Bali pada 11 Oktober 2018 mendatang. Dalam kesempatan tersebut, ada delapan nota kesepahaman yang akan disepakati kedua negara.

"Empat nota kesepahaman tersebut ditandatangani setingkat menteri dan empat lainnya oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN)," kata Direktur Asia Tenggara Denny Abdi dalam jumpa pers mingguan di kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis, 4 Oktober 2018.

Menurut Denny, pemerintah Indonesia dan Singapura akan mendorong penguatan kerja sama ekonomi kedua negara, khususnya di bidang investasi.

"Kita juga mendorong kerjasama investasi antara Indonesia dan Singapura nanti pada saat itu di hadapan kepala negara akan ditandatangani persetujuan promosi perlindungan penanaman modal antara RI dan Singapura," ujar dia.

"Persetujuan yang akan ditandatangani dengan Singapura ini merupakan 'bilateral investment treaty' pertama yang Indonesia tandatangani dengan negara sahabat. Sehingga diharapkan kedepannya akan menjadi model bagi penguatan investasi antara Indonesia dan negara–negara sahabat," lanjut Denny.

Sementara tujuh nota kesepahaman (MoU) lainnya, yaitu MoU tentang Program Kerja Sama Budaya untuk 2019-2020, MoU Kerja Sama Bidang Seni dan Warisan, MoU Kerja Sama Teknologi Keuangan, Instrumen Perluasan untuk MoU Tentang Kerjasama Pengembangan Sumber Daya Manusia di Bidang Maritim, MoU tentang Kerjasama untuk Pengembangan dan Implementasi Industri 4.0, MoU tentang Program Pembelajaran Teknologi Keuangan untuk Pendidikan Tinggi, MoU Kerja Sama Wisata Pesiar antara Pelindo III dan Star Cruise.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir mengatakan, pertemuan tahunan pemimpin Indonesia dan Singapura itu akan dilakukan di sela-sela rangkaian kegiatan internasional Pertemuan Tahunan IMF-Kelompok Bank Dunia (Annual Meetings International Monetary Fund – World Bank Group) 2018.

Kerja sama ekonomi menjadi fokus utama Indonesia dan Singapura. Bahkan kedua negara juga menjajaki kerja sama ekonomi digital.

Hingga saat ini, Singapura merupakan negara dengan investasi terbesar di Indonesia.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close