9 Anggota DPR Terpilih Belum Serahkan LHKPN

  • Whatsapp
Evi Novida Ginting

INDOPOLITIKA – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Evi Novida Ginting, menyebut belum semua anggota legislator terpilih di Pileg 2019 menyerahkan laporan hasil kekayaan penyelenggara negara (LHKPN).

Setidaknya sembilan legislator terpilih belum menyerahkan LHKPN ke KPU. Namun, Evi tidak menyebut nama legislator terpilih yang belum menyerahkan LHKPN ke Komisi Pemilihan Umum.

Baca Juga:

Dia hanya menjelaskan legislator terpilih tersebut berasal dari Partai Gerindra (5 orang), PDIP (1 orang), PKB (1 orang), Partai NasDem (1 orang), dan Partai Demokrat (1 orang).

“Calon terpilih yang belum menyerahkan tanda terima LHKPN ke KPU adalah sejumlah sembilan orang untuk DPR,” kata Evi kepada awak media, Jumat (6/9).

Evi menerangkan, legislator terpilih masih memiliki waktu untuk menyerahkan LHKPN ke KPU. Paling lambat LHKPN diserahkan pada Sabtu (7/9). “(Jika tidak menyetor sampai batas waktu), namanya tidak dicantumkan dalam usulan nama yang akan dilantik kepada Presiden,” tutur dia.

Di sisi lain, anggota senator terpilih di Pileg 2019, tergolong rajin menyerahkan LHKPN ke KPU. Catatan KPU, terdapat 136 orang senator terpilih telah menyerahkan per Kamis (5/9). “Untuk DPD, semua calon terpilih sudah menyerahkan,” ucap dia.

Mengacu Pasal 37 PKPU Nomor 20 Tahun 2018, legislator dan senator terpilih wajib menyerahkan LHKPN ke KPU. Penyerahan dilakukan maksimal tujuh hari setelah penetapan.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *