Daerah

Abdul Basyid Has Ajak Masyarakat Tingkatkan Kesalehan Sosial

Memperingati hari Palang Merah Indonesia (PMI) ke-73, Abdul Basyid Has, Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kesalehan sosial. “Hari PMI ini harus kita maknai sebagai tonggak untuk meningkatkan kesalehan sosial,” ujarnya, Senin (17/9) kemarin.

Abdul Basyid Has menilai hal ini penting dilakukan untuk memperkuat rasa persatuan dan persaudaraan di tengah-tengah masyarakat. “Jangan sampai muncul gejala bowling alone di antara masyarakat kita. Ini dapat berujung pada rapuhnya persaudaraan dan persatuan nasional,” papar Abdul Basyid.

Ketua Dewan Pembina Gerakan Kebangkitan Bangsa (GKB) ini menegaskan banyak hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kepedulian terhadap sesama. “Salah satu hal paling mendasar adalah dengan aktif membantu saudara-saudara kita yang sedang ditimpa musibah. Tragedi bencana alam di Lombok menyentak kesadaran kita kembali akan pentingnya kesalehan sosial,” ujar Abdul Basyid Has.

Calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI periode 2019-2024 daerah pemilihan Provinsi Kepulauan Riau ini menegaskan ajaran Islam juga menekankan hal ini. Basyid mengatakan, dalam Islam kesalehan individu harus setimpal dengan kesalehan sosial. “Kita dituntut untuk menyeimbangkan keduanya,” imbunya.

Abdul Basyid Has yang juga Ketua Yayasan Pendidikan Haji Abdul Ghani ini menuturkan hari PMI ini adalah momentum yang tepat memulihkan kembali persatuan yang sempat memudar. “Saya khawatir fenomena perang medsos melalui berbagai hashtag akhir-akhir ini memicu pudarnya persaudaraan di tengah-tengah masyarakat. Mari kita rawat persaudaraan dengan momentum hari PMI ini,” tutup Basyid. (ind)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close