Daerah

Abdul Basyid Has Dorong Kepri Maju di Sektor Maritim

Batam – Setiap tanggal 21 Agustus bangsa Indonesia selalu memperingati sebagai Hari Maritim Nasional (HMN), peringatan tersebut sudah ditetapkan sejak 21 Agustus 1945. Sejarah mencatat, selain hari dimana kekuatan Angkatan Laut Indonesia berhasil mengambil alih kekuasan militer laut Jepang, juga karena Indonesia mempunyai kekayaan laut dan kekuatan maritimnya.

Menyambut Hari Maritim Nasional, Ketua Dewan Pembina Gerakan Kebangkitan Bangsa (GKB) Abdul Basyid Has menyampaikan, peringatan ini seharusnya menjadi momentum untuk mengevaluasi dan membenahi potensi maritim di Kepri.

“Kepri punya banyak potensi maritim yang perlu diberdayakan, seperti potensi kelautan dan perikanan, jasa transportasi pelayaran dan perdagangan, dan juga aneka tempat wisata bahari di pulau-pulau Kepri,” ujar Basyid, kepada awak media usai menghadiri acara warga di Kelurahan Setokok, Kecamatan Bulang, Kota Batam, Selasa (21/8).

Calon Anggota DPR RI periode 2019-2024 ini menjelaskan, sektor sumber daya kelautan dan perikanan di Kepri merupakan sektor terbaharukan yang dapat memberikan manifestasi terbesar dalam pengelolaan perekonomian daerah berbasis maritim.

“Salah satu potensi yang dimiliki Kepri adalah banyaknya pantai yang bisa dikembangkan menjadi kawasan wisata. Apalagi dengan banyaknya pulau kecil di Kepri, ini diharapkan mampu membantu perekonomian warga setempat dengan membuka usaha atau layanan jasa wisata di Kepri,” harap Basyid.

Lebih lanjut, Ketua DPW PKB Provinsi Kepri ini menegaskan, membangun Kepri tak hanya sekedar teori atau hanya upaya dari pemerintah daerah saja. Tapi butuh turun tangan pemerintah pusat dalam pengembangan potensi maritim.

“Pemerintah daerah harus gencar bangun komunikasi dengan pusat. Jika pemerintah daerah dan pusat mampu bersinergi untuk mengembagkan sektor maritim di Kepri, saya yakin Kepri bisa berkembang pesat dan maju di kancah nasional maupun internasional,” tandas Basyid. (ind)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close