Daerah

Abdul Basyid Has Ingatkan Komitmen Pemerintah Kepri Soal Pertumbuhan Ekonomi

Tanjungpinang – Tahun 2018 Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menempati urutan ke-30 dari 34 sebesar 4,56 persen. Secara nasional beberapa tahun terakhir pertumbuhan ekonomi Kepri selalu diurutan bawah.

Meskipun masih rendah dibanding dengan daerah lain, terdapat kemajuan dibanding dengan tahun 2017 yang hanya tumbuh sebesar 2 persen. Kinerja pemerintah dalam menghidupkan kembali geliat ekonomi Kepri patut diapresiasi. Kepri secara keseluruhan memiliki potensi ekonomi yang besar dan belum memberikan dampak signifikan.

Senada dengan Tokoh Kepri, Abdul Basyid Has yang sangat menyayangkan komitmen pemerintah Kepri dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Kepri punya hak khusus dalam bidang ekonomi yang tidak dimiliki oleh daerah lain, serta letak strategis secara perdagangan harus di optimalkan. Pemerintah Kepri punya pekerjaan rumah besar agar segala kelebihan tersebut dimanfaatkan untuk kemakmuran rakyat.

“Sangat menyedihkan beberapa tahun terakhir kita disuguhkan kegagalan Kepri dalam membangun perekonomian, tahun 2018 pun masih urutan bawah secara nasional. Walaupun begitu, kerja keras pemerintah untuk meningkatkan ekonomi dari 2 persen di tahun 2017 menjadi 4 persen di tahun 2018 patut diapresiasi, namun itu belum cukup untuk Kepri yang punya semua potensi pengembangan ekonomi,” jelas Abdul Basyid Has di Tanjungpinang, Minggu (10/2/2019).

Ketua Dewan Perwakilan Daerah Partai Kebangkitan Bangsa tersebut menambahkan pemerintah Kepri harus punya rancangan pembangunan berjangka serta prioritas sektor yang dikembangkan, ditingkatkan, ataupun diberikan perhatian khusus agar arah pertumbuhan ekonomi Kepri terarah. Jangan hanya bertumpu pada Batam sebagai pusat perekonomian yang belum mampu mengkatrol pertumbuhan ekonomi Kepri, harus ada langkah-langkah strategis. “Kita akan terus mendorong peningkatan perekonomian Kepri agar kedepan tidak lagi jadi urutan bawah secara nasional, dan yang terpenting meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kepri seluruhnya,” tutup Caleg DPR RI Dapil Kepri tersebut.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close