Abhan: Pertanggungjawaban dan Pengelolaan Keuangan Bawaslu Harus Baik

  • Whatsapp

Ketua Bawaslu Abhan mengingatkan, uang yang dipakai penyelenggara pemilu adalah uang rakyat. Dia mengatakan, uang dari pembayaran pajak itulah yang digunakan dalam program kerja-kerja Bawaslu sehingga perlu dipertanggungjawabkan.

“Dari pajak yang kecil, sampai yang besar uang Bawaslu berasal dari rakyat dan harus dipertanggungjawabkan,” katanya saat menutup acara Sosialisasi ldentifikasi Temuan BPK dan Persiapan Audit Tematik Pengawasan Pemilu Tahun 2019 di Batam, Kepulauan Riau, Minggu (15/7/2019) malam.

Baca Juga:

Abhan mengatakan, pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan merupakan bagian penting. “Pertanggungjawaban dan pengelolaan keuangan harus baik. Kita mau khusnul khotimah, yaitu di akhir jabatan kita pun baik. Inilah alasan pelaksanaan kegiatan ini,” terangnya di hadapan enam Bawaslu tingkat provinsi yang hadir.

Dirinya mengingatkan, kerja pengawasan pemilu yang baik tidak akan memiliki arti apabila prestasi pencegahan, pengawasan, dan penindakan bila tidak mampu mempertanggungjawabkan laporan keuangan. “Tidak akan berguna jika kerja pengawasan pemilu baik, tetapi di sisi lain tidak mampu mengelola keuangan. Itu yang tidak kita kehendaki,” jelasnya.

Abhan mengharapkan, Bawaslu tingkat provinsi dan kabupaten/kota mempersiapkan laporan uang rakyat yang sudah digunakan. Untuk itu, dirinya meminta pimpinan Bawaslu dan kepala sekretariat Bawaslu di daerah harus bisa menyatu dalam menghadapi Audit Tematik Pemilu. “Anggota Bawaslu dan sekretariat harus bersinergi untuk mencapai target pengelolaan keuangan terbaik,” harapnya. (ind)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *