Abiy Ahmed, dari Intel Jadi Perdana Menteri Ethiopia hingga Raih Nobel Perdamaian

  • Whatsapp
Perdana Menteri ethiopia, Abey Ahmed Ali

INDOPOLITIKA.COM Abey Ahmed Ali. Demikian nama Perdana Menteri termuda Ethiopia yang berhasil meraih penghargaan bergengsi, Nobel Perdamaian 2019. Mantan perwira intelijen militer itu dianggap berhasil membawa negaranya berdamai dengan musuh lamanya, Eritrea, yang sudah bergejolak selama 20 tahun, karena perang perbatasan.

Sebelum diumumkan sebagai pemenang Nobel Perdamaian ke -100 di Oslo, Norwegia, Pria berusia 43 tahun harus bersaing dengan 301 calon yang dinominasikan, termasuk 223 perseorangan dan 78 organisasi. Atas keberhasilanya ini, Abey akan menerima hadiah uang senilai Rp 12,9 miliar.

Baca Juga:

Menurut Pimpinan Komite Nobel Norwegia, Berit Reiss-Anderson, Abey dianggap layak mendapatkan penghargaan Nobel Perdamaian atas usaha kerasnya menyelesaikan konflik perbatasan dengan negara tetangga. Eritrea.

“Hadiah ini juga berarti pengakuan pada semua pihak yang bekerja untuk perdamaian dan rekonsiliasi di Ethiopia dan wilayah Afrika Timur dan Timur Laut,” kata Berit seperti dikutip Indopolitika.com, di laman bbc.com, Sabtu (12/10).

Sejak pertama kali menjabat pada tanggal 2 April 2018 atau setelah menggantikan Perdana Menteri Hailemariam Desalegn Boshe yang berkuasa dari 2022-2018, Abey menggerakkan Etiopia dengan serangkaian reformasi liberal yang disebut oleh banyak orang telah menyelamatkan Etiopia dari perang saudara.

Abiy telah membebaskan ribuan tahanan politik, membuka ratusan situs Internet yang diblokir, disensor, mengakhiri 20 tahun perang dengan Eritrea, mengangkat keadaan darurat, dan berencana untuk membuka sektor ekonomi utama kepada investor swasta, termasuk Ethiopian Airlines milik pemerintah

Abiy merupakan perdana menteri pertama di Etiopia yang berasal dari kelompok etnis terbesar di negara itu, Oromo, yang mengisi sepertiga populasi dari 100 juta penduduknya. Etiopia memiliki lebih dari 90 kelompok etnis. Selama beberapa dasawarsa, politik Etiopia telah diatur berdasarkan garis pemisah tersebut.[asa]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *