Capres

Aburizal Bakrie dan Mahfud Akui Cocok, Tapi Belum Final

Mantan Ketua MK Mahfud MD mengaku bertemu capres Partai Golkar Aburizal Bakrie di Bali. Mahfud dan Aburizal Bakrie membahas Pilpres 2014.

“Saya bertemu ARB di Denpasar. Diskusi biasa, ini bagian dari komunikasi politik saya dengan tokoh-tokoh politik yang akan nyapres,” kata Mahfud, Sabtu (19/4/2014).

Ketum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menurut Mahfud meminta dirinya melakukan komunikasi politik dengan 3 parpol besar. “Parpol PDIP, Golkar maupun Gerindra,” sebutnya.

Mahfud menyebut komunikasi politik dengan 3 parpol yang mendapat perolehan suara terbesar versi hitung cepat (quick count) sudah dilakukan Muhaimin. “Keputusannya tentu di tangan DPP PKB,” ujar dia.

“Pak Ical merasa cocok dengan saya dan saya juga merasa cocok dengan Pak Ical,” kata Mahfud, Sabtu malam, di Jakarta.

Namun, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu mengelak saat ditanya apakah kecocokan yang dimaksud itu terkait kemungkinan keduanya menjadi pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang akan diusung bersama Partai Golkar dan PKB.

“Pak Ical tidak berbicara soal capres atau cawapres. Namun, saya tegaskan, saya tidak bisa mengambil keputusan sendiri. Karena itu, Pak Ical akan ke Pak Muhaimin Iskandar (Ketua Umum PKB),” ujar Mahfud yang mengaku diizinkan oleh PKB untuk melakukan kontak politik dengan siapa pun untuk pemilihan presiden mendatang.

Menurut Mahfud, dalam perbincangan setelah makan siang, Ical yang didampingi petinggi Golkar, Sharif Cicip Sutardjo, dan pengusaha Erwin Aksa menjelaskan, partainya saat ini sudah mengantongi 108 kursi di DPR. ”Masih ada sekitar 7 kursi yang akan bertambah. Jadi, kalau mendapatkan 7 kursi lagi, jumlah kursi Golkar 115. Ini bisa mengajukan capres dan cawapres sendiri,” tutur Mahfud yang datang ditemani seorang ajudan.

Sementara itu, Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tandjung mengatakan, selama ini Mahfud memang termasuk tokoh yang sering disebut-sebut selain Pramono Edhie Wibowo dan Soekarwo.

Sebelumnya, Bambang Soesatyo mengatakan Mahfud MD menjadi pilihan pertama Partai Golkar, sebagai pendamping Aburizal Bakrie (Ical) di Pilpres 2014.

“Pak Mahfud rangking nomor satu di Golkar untuk dampingi pak Aburizal Bakrie,” tutur Wakil Bendahara Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo beberapa waktu lalu. (kps/btr/ip/pol)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close