Ada 554 Kasus, Politik Uang Masih Merusak Kualitas Pileg 2019

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA- Praktek politik uang pada pemilu 2019 masih marak. Polri menemukan 554 kasus politik uang sepanjang pemilu April lalu. Politik uang sebanyak 132 laporan dinyatakan masuk ranah tindak pidana dan dibawa ke pengadilan.

Menurut Kepala Biro Pembinaan dan Operasional Bareskrim Polri Brigjen Pol Nico Afinta, 31 kasus politik uang dilakukan dengan cara memberikan amplop berisi uang dan stiker gambar calegnya.

Muat Lebih

“Namun politik uang ini juga bertransformasi caleg memberikannya dalam bentuk sembako, hingga asuransi kecelakaan,” ungkap Nico.

Maraknya politik uang juga ditanggapi mantan Caleg DPR RI Dapil 5 Jawa Tengah dari Partai Perindo, Henry Indraguna. Ia mengaku selama 7 bulan terjun door to door ke masyarakat, ia menemukan banyak keluhan, termasuk soal amplop yang dibagikan oleh caleg lain.

“Politik amplop itu merusak, kemarin banyak masyarakat yang hatinya memilih saya namun tangannya mencoblos caleg lain karena politik uang,” jelas Henry.

Menurut Henry, para caleg biasanya memakai cara singkat dengan politik uang karena malas ke lapangan dan melihat langsung kondisi masyarakat. (rma)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *