Ada-Ada Saja, Orang Ini Dinginkan Mobil dengan Kotoran Sapi

  • Whatsapp

Indopolitika.com, INDIA–Satu perempuan pemilik mobil di India terlihat unik bahkan di luar kebiasaan. Kreativitasnya dengan kotoran sapi yang dimanfaatkan untuk mendinginkan mobil, tentu ini ide yang tidak pernah dilakukan siapa pun.

Pemandangan tersebut dimulai dari unggahan ulang sebuah akun di Facebook milik Rupesh Gaurange, yang memperlihatkan foto Toyota Corolla berlapis kotoran sapi.

Baca Juga:

“Ini menjadi pemanfaatan kotoran sapi terbaik, digunakan untuk menangkal suhu 45 derajat Celcius dan melindungi mobil dari kepanasan, Mrs Sejal Shah telah melapisi mobilnya dengan kotoran sapi. Jadi dingin,” tulis Rupesh sebagai keterangan fotounggahannya, lansir autoevolution.

Mungkin bagi banyak orang, terutama di luar India, ide tersebut tidaklah lazim. Namun sesungguhnya, kotoran sapi di India digunakan sebagai material insulasi termal (proses perpindahan suhu panas) yang murah.

Apalagi, tradisi dan kepercayaan di India membentuk bahwa sapi memang menjadi hewan suci, karena dianggap memberi manfaat banyak namun tidak pernah meminta imbalan.

Kendati demikian, kotoran sapi yang sudah mengering juga memiliki risiko buruk selain manfaat di atas. Kotoran sapi mampu menghasilkan aktivitas anaerobik menjadi biogas, karena di dalamnya mengandung metana. (jp)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *