Ada Isu Radikalisme Pada Tes CPNS 2019

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Kepala BKN Bima Haria Wibisana menegaskan akan ada soal terkait radikalisme saat penerimaan CPNS 2019. Alasanya, saat ini isu radikalisme menjadi hal yang menjadi sorotan di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Menurut Bima, soal untuk seleksi kompetensi dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS sudah siap dan bahkan, sudah dienkripsi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Baca Juga:

“Mengenai soal sudah disiapkan dan hanya tinggal menggunakannya. Apakah soal-soal ada inovasi baru misalnya radikalisme. Pada saat tes kebangsaan kami sudah memasukan keinginan untuk soal-soal seperti itu (isu radikalisme),” ujarnya dalam acara konferensi pers di Kantor KemenpanRB, Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Memang menurut Bima, soal mengenai radikalisme ini tidak terlalu masif dan banyak pada tahun. Namun jika dibutuhkan, kemungkinan besar pada seleksi CPNS tahun depan bisa saja soal mengenai radikalisme akan lebih banyak lagi di Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

“Pada saat tes kebangsaan kami sudah memasukan keinginan untuk soal-soal seperti itu. TWK itu kisi-kisinyaa sangat terbatas. Ke depan kan ubah soal-soal TWK ini soal tes radikalisme. Jadi ada soal seperti itu (radikalisme) tapi tidak signifikan,” katanya.{asa}

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *