Internasional

Afsel Berduka atas Gempa dan Tsunami di Sulawesi Tengah

Pasien korban gempa dan tsunami berada di luar sebuah rumah sakit di Palu, Sulawesi Tengah, 29 September 2018. (Foto: AFP/MUHAMMAD RIFKI)

Pretoria: Afrika Selatan menyampaikan ucapan duka mendalam kepada Indonesia yang dilanda musibah gempa bumi serta gelombang tsunami.

"Pemerintah dan Rakyat Afrika Selatan turut berbelasungkawa atas gempa dan tsunami di Sulawesi yang menewaskan hampir 400 orang," ungkap Departemen Hubungan dan Kerja Sama Internasional Afsel, Sabtu 29 September 2018.

Afsel menyebut kedutaan besarnya di Jakarta berkoordinasi dengan pemerintah Indonesia. Sejauh ini, tidak ada warga Afsel yang dinyatakan tewas, terluka atau hilang di Palu dan Donggala, Sulteng.

Baca: Palu dan Donggala Diguncang 131 Gempa Susulan

"Kami mendorong semua warga Afsel yang tinggal atau berlibur di Indonesia untuk menghubungi kami di nomor 012 351 1000," sebut Departemen Hubungan dan Kerja Sama Internasional Afsel.

Sebelumnya, Inggris juga telah menyampaikan belasungkawa mendalam kepada Indonesia. 

"Memilukan saat melihat laporan tsunami yang melanda kota Palu di Indonesia serta mendengar banyaknya korban jiwa. Saya turut berbelasungkawa kepada keluarga korban dan mendoakan yang terbaik kepada semua petugas penyelamat," tulis Corbyn di akun Twitter.

Sementara di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB di New York, Menteri Luar Negeri Retno menyebut bahwa Sekjen PBB dan hampir semua negara anggota turut berduka cita atas musibah di Palu dan Donggala.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close