Agar Jakarta Lancar, Pras Minta Pemprov DKI Segera Operasikan ERP

  • Whatsapp
Prasetyo Edi Marsudi

INDOPOLITIKA.COM – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi bertekad membenahi beberapa masalah krusial yang menjadi momok Ibu Kota selama lima tahun kedepan di masa kepemimpinannya, periode 2019 – 2024.

Prioritas pertama yang akan dibenahi yakni manajemen lalu lintas, mulai dari pengelolaan dan pengendalian arus, juga optimasi penggunaan prasarana yang ada untuk memberikan kemudahan lalu lintas secara efisien dalam penggunaan ruang jalan.

Baca Juga:

Hal tersebut dinilai Pras,sapaan akrabnya, mampu memperlancar sistem pergerakan dan pastinya dapat mengurai kemacetan di Jakarta.

“Saya beserta mitra SKPD yang bersangkutan seperti Dishub, akan melakukan langkah-langkah untuk mengurai kemacetan apalagi pada jam sibuk, salahsatunya mempercepat penerapan jalan berbayar, ERP (Electronic Road Pricing),” katanya di gedung DPRD DKI Jakarta, Jumat (25/10).

Pras yakin jika jalan berbayar sudah diterapkan, masyarakat akan berpindah menggunakan transportasi umum yang telah disediakan oleh pemerintah seperti Transjakarta, Jak Lingko, KRL, LRT dan MRT.

Diketahui saat ini ERP masih dalam Tahap kajian ulang sesuai arahan Kejaksaan Agung, lalu ditargetkan bakal di lelang pada awal tahun 2020 mendatang dan diterapkan pada tahun 2021.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, saat ini pihaknya terus melakukan studi kelayakan agar ERP secepatnya bisa dilelang mulai tahun depan.

“Kita akan kejar 2021 penerapan, awal tahun besok 2020 baru mulai lelangnya,” kata Syafrin.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *