Ahok Komut Pertamina, Eks Petinggi KPK Chandra Hamzah Jadi Komut BTN

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Teka – teki siapa yang akan mengisi kursi Direksi dan Komisaris PT Pertamina (Persero) dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk akhirnya terjawab.

Menteri BUMN Erick Thohir memastikan bahwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menjadi Komisaris Utama (Komut) PT Pertamina (Persero) didampingi Wakil Menteri I BUMN, Budi Gunadi Sadikin sebagai Wakil Komisaris Utama. Ahok juga akan menggantikan Tanri Abeng yang sebelumnya mengisi posisi tersebut sejak 2015 lalu.

Berita Lainnya

Menteri BUMN, Erick Thohir mengungkapkan, selain mengangkat Komisaris dan Wakil Komisaris Utama, Kementerian BUMN juga akan mengganti Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero) yang saat ini dijabat oleh Pahala N Mansury. Posisi tersebut akan diisi oleh Emma Sri Martini yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama Telkomsel.

“Iya Insya Allah, saya rasa (penunjukan Direksi dan Komisaris PT Pertamina) sudah putus dari beliau (Presiden Jokowi). Pak Basuki akan menjadi Komisaris Utama lalu didampingi olehPak Budi menjadi Wakil Komisaris Utama,” ujar Erick dalam keterangan resmi yang diterima Indopolitika.com, Jumat (22/11/2019).

Sedangkan Pahala Mansury, akan memimpin PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk sebagai Direktur Utama. Sementara, posisi Komisaris Utama BTN akan diduduki oleh Chandra Hamzah.

“Mengapa Chandra Hamzah menjadi Komisaris Utama karena memang background-nya adalah hukum, kita tahu bahwa di BTN itu ada isu-isu yang kurang baik yang tentu harus dilihat secara hukum. Apalagi BTN ini kan ujung tombak dari pembiayaan perumahan rakyat, nasional, sehingga kalau nanti ini tidak sehat kan tidak bagus,” tandasnya.[asa]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *