AHY Pimpin Demokrat, “Kabinetnya” Banyak Diisi Generasi Muda

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Setelah satu bulan menerima mandat sebagai Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) langsung mengumumkan “kabinetnya”. Uniknya, susunan pengurus Partai Demokrat Periode 2020-2025 itu banyak diisi generasi muda.

Dalam rilis yang diterima redaksi, Jumat (17/4/2020), di antara nama-nama yang muncul, banyak merupakan generasi muda. Dan jika dirata-ratakan, maka umurnya adalah 42 tahun tepat seperti umur AHY.

Berita Lainnya

Hal itu seperti Sekretaris Jenderal Partai Demokrat yang baru terpilih yaitu Teuku Riefky Harsya yang masih tergolong muda dengan umur 47 tahun. Dalam rilis itu disebutkan, nama Teuku Riefky Harsya memang tidak asing di telinga warga Aceh.

Maklum saja, dia sudah empat kali duduk sebagai anggota DPR-RI mewakili rakyat Aceh. AHY juga menyebut, Teuku Riefky adalah satu-satunya politisi yang secara berturut-turut berhasil meraih suara terbanyak di Aceh dalam tiga kali Pemilu Legislatif.

“Posisi Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat Periode 2020-2025, saya percayakan pada Saudara Teuku Riefky Harsya,” ucap AHY.

Dengan pengalaman politik yang panjang dan kesuksesannya dalam mempertahankan suara Partai Demokrat di Aceh membuat Sekjen muda Partai Demokrat ini layak untuk mendampingi AHY sampai 2025. Keunikan dari Kepengurusan DPP Partai Demokrat juga terlihat di struktur wakil sekretaris jenderal.

Yaitu, terdapat nama Siti Nur Azizah yang merupakan Putri Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres) Ma’ruf Amin. Azizah diketahui mencalonkan diri dalam Pilwalkot Tangerang Selatan (Tangsel) 2020.

Ia pun sudah mendaftar sebagai bakal calon Wali Kota Tangsel ke kedua partai, yakni PDIP dan PPP. Pilkada Tahun 2020 yang sempat didengungkan akan diundur membuat para bakal calon kepala daerah tersebut mempunyai banyak waktu untuk masuk dalam struktur organisasi partai politik yang akan mengusung mereka.

Ketua Umum partai-partai pun memilih yang terbaik dari yang terbaik. Masih di dalam rilis tersebut, dalam struktur DPP Partai Demokrat juga terlihat banyak pemimpin muda yang siap bertarung dalam pesta demokrasi di daerah.

Ini seperti yang terlihat dari sosok teknokrat dan pengusaha muda dari Batam Osco Olfriady Letunggamu yang masuk dalam jajaran pengurus dewan pimpinan partai (DPP) Partai Demokrat. Osco adalah bakal calon wakil walikota alternatif terkuat di Batam dan dipercaya AHY untuk duduk sebagai sekretaris di departemen VII yang membidangi energi, lingkungan hidup, riset dan teknologi.

Osco mendampingi Ketua Departemen Rusda Mahmud, mantan bupati Kolaka Utara 2007-2017 yang juga aktif sebagai anggota DPR-RI dari Komisi VII Dapil Sulawesi Tenggara. AHY membuat susunan Departemen seperti refleksi komisi yang ada di Parlemen.

Departemen tersebut akan menjadi mitra strategis Fraksi Partai Demokrat yang ada di DPR-RI. Tujuannya adalah untuk membuat kajian-kajian strategis dibidang masing-masing untuk menjadi bahan pertimbangan dan rekomendasi kepada ketua umum dalam menentukan kebijakan-kebijakan serta sikap partai dalam menanggapi berbagai isu.

Dalam Pengumuman Susunan Kepengurusan DPP Partai Demokrat yang disampaikan oleh AHY pada hari Rabu tanggal 15 April 2020 terlihat bahwa Ketua Umum Partai Demokrat sangat teliti dan detail dalam memilih kader yang akan mendampingi beliau selama lima Tahun ke depan. Selain beriman, bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa, serta berlandaskan Pancasila dengan semangat nasionalis religius, pengurus DPP Partai Demokrat juga harus memiliki integritas, kapasitas, dan kapabilitas yang baik.

Akan menjadi sebuah nilai tambah jika kader memiliki riwayat pendidikan dan rekam jejak serta prestasi di bidang politik maupun bidang profesional. Untuk diketahui, sesuai amanat Kongres Partai Demokrat V Tahun 2020, AHY melalui video mengumumkan secara resmi Struktur Kepengurusan Partai Demokrat Periode 2020-2025.

Struktur Kepengurusan itu merupakan hasil dari rapat-rapat virtual dengan tim formatur yang diamanahkan kongres.

“Saya mendengar, menyimak dan mencatat masukan-masukan dari mereka sambil melakukan komunikasi intensif dengan Ketua Majelis Tinggi Partai, Bapak SBY. Sehingga pada 14 April 2020, saya telah rampungkan secara final, dan alhamdulillah langsung disetujui oleh seluruh tim formatur,” ungkap AHY. [rif]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *