INDOPOLITIKA.COM – Bakal Calon Gubernur Banten, Airin Rachmi Diany menyebut penguatan branding dan promosi produk perikanan di Provinsi Banten merupakan langkah penting untuk meningkatkan daya saing produk di pasaran, baik di tingkat lokal maupun internasional.

Airin menjelaskan, upaya ini tidak hanya akan meningkatkan penjualan dan keuntungan bagi para pelaku usaha perikanan, tetapi juga memberikan manfaat ekonomi yang lebih luas bagi masyarakat di Provinsi Banten.

Ditambahkannya, kunci utama keberhasilan penguatan branding dan promosi adalah komitmen dan kerjasama yang kuat dari semua pihak, baik pemerintah daerah, pelaku usaha, akademisi, lembaga terkait, dan masyarakat.

“Dengan komitmen dan kerjasama yang kuat dari semua pihak, produk perikanan di Banten dapat menjadi produk unggulan yang mendunia dan memberikan manfaat ekonomi yang signifikan bagi masyarakat di Provinsi Banten,” tuturnya, Minggu (25/2/2024)

Airin mengatakan, riset pasar dan pengembangan produk inovatif dengan nilai tambah tinggi sangat penting untuk memahami kebutuhan konsumen dan memenangkan persaingan di pasaran.

Selain itu, penerapan teknologi pengolahan dan pengemasan modern, serta pengembangan produk perikanan fungsional, dapat meningkatkan kualitas, nilai jual, dan daya tarik produk.

“Membangun website dan akun media sosial yang informatif dan menarik untuk mempromosikan produk perikanan dapat menjangkau konsumen yang lebih luas, meningkatkan penjualan, dan membangun citra merek yang positif,” ungkapnya.

Di sisi lain, kata dia, memberikan pelatihan dan pendampingan kepada pelaku usaha perikanan dapat meningkatkan kemampuan dan daya saing mereka.

Selain itu, pentingnya memfasilitasi partisipasi UMKM dalam pameran dan acara perdagangan internasional guna membuka peluang pasar baru.(red)

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com