INDOPOLITIKA.COM – Bakal Calon Gubernur Banten, Airin Rachmi Diany mendukung pengembangan inovasi dan kreativitas masyarakat desa dalam menciptakan produk dan usaha baru.

Hal ini merupakan langkah penting dalam memajukan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan di daerah pedesaan.

“Dengan pengembangan inovasi dan kreativitas masyarakat desa, diharapkan ekonomi di daerah pedesaan dapat maju dan kesejahteraan masyarakat desa dapat meningkat,” ujar Airin, Rabu (21/2/2024).

Lanjutnya, usaha baru yang lahir dari inovasi dan kreativitas dapat menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat desa, sehingga mengurangi pengangguran dan meningkatkan taraf hidup.

Kata Airin, hal ini juga dapat membantu mencegah urbanisasi, di mana banyak pemuda desa yang pindah ke kota untuk mencari pekerjaan.

Ia menerangkan, bahwa peningkatan pendapatan dan lapangan kerja dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa.

“Masyarakat desa dapat memiliki akses yang lebih baik ke pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur lainnya,” tuturnya.

Airin mengatakan, inovasi dan kreativitas dapat digunakan untuk mengembangkan produk dan layanan yang berbasis pada kearifan lokal.

“Hal ini dapat membantu melestarikan budaya dan tradisi desa, serta meningkatkan nilai tambah dari produk dan layanan desa,” ungkapnya.

Di sisi lain, sebut Airin, produk dan usaha baru yang inovatif dan kreatif dapat meningkatkan daya saing desa di pasar global. “Desa dapat menarik wisatawan dan investor, sehingga meningkatkan pendapatan desa dan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.(red)

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com