INDOPOLITIKA.COM – Bakal Calon Gubernur Banten, Airin Rachmi Diany mengatakan kebersihan lingkungan merupakan aspek penting dalam sektor pariwisata di daerah, terutama di Provinsi Banten.

Menurutnya, destinasi wisata yang bersih dan terawat tidak hanya menarik lebih banyak pengunjung, tetapi juga memberikan pengalaman wisata yang lebih aman, nyaman, dan menyenangkan.

“Menjaga kebersihan lingkungan menjadi kunci dalam mewujudkan pariwisata berkelanjutan yang mampu memberikan manfaat ekonomi dan sosial jangka panjang bagi masyarakat lokal dan lingkungan sekitar,” ujar Airin, Sabtu (24/2/2024).

Dirinya menyebut, sampah plastik dan pencemaran lingkungan merupakan ancaman serius bagi kelestarian alam.

Oleh karena itu, ungkapnya, destinasi wisata yang menerapkan prinsip-prinsip ramah lingkungan, seperti pengelolaan sampah yang bertanggung jawab dan penggunaan energi terbarukan, dapat meminimalisir dampak negatif terhadap lingkungan.

Selain itu, kebersihan lingkungan berkontribusi terhadap citra positif destinasi wisata dan meningkatkan daya saingnya.

“Bisa menarik lebih banyak wisatawan dan meningkatkan pendapatan masyarakat lokal, sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah wisata,” tuturnya.

Di sisi lain, destinasi wisata yang bersih dapat menjadi media edukasi bagi wisatawan tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

“Pengalaman wisata yang bertanggung jawab dapat meningkatkan kesadaran dan mendorong wisatawan untuk menerapkan kebiasaan ramah lingkungan di kehidupan sehari-hari,” paparnya.

Ia mengatakan, kebersihan lingkungan menjadi faktor penting dalam membangun reputasi positif dan branding yang kuat bagi destinasi wisata.

“Destinasi wisata yang dikenal bersih dan terawat akan lebih diminati wisatawan dan mendapatkan kepercayaan dari berbagai pihak,” imbuhnya. {Red}

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com