Airlangga Dukung BI Pertahankan Suku Bunga

  • Whatsapp
Menko Perekonomian Airlangga Hartanto

INDOPOLITIKA.COM – Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) baru saja memutuskan akan mempertahankan suku bunga kebijakan BI 7 Days Repo Rate (RR) pada level 5 persen. Dimana deposit facility rate dipertahankan tetap di level 4,25 persen dan lending facility rate di level 5,75 persen. Keputusan ini tidak berbeda dengan konsensus pasar yang dihimpun Bloomberg, yang memperkirakan suku bunga acuan BI diperkirakan tidak berubah dibandingkan bulan lalu.

Selain mempertahankan suku bunga acuan, RDG BI juga memutuskan untuk menurunkan Giro Wajib Minimum (GWM) Rupiah untuk Bank Umum Konvensional dan Bank Umum Syariah/Unit Usaha Syariah sebesar 50 bps menjadi masing-masing 5,5 persen dan 4,0 persen.

Muat Lebih

Menanggapi keputusan BI tersebut, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan keputusan BI tersebut sudah tepat, mengingat tekanan dari sektor eksternal masih cukup besar, utamanya berasal dari masih tingginya resiko global seiring masih adanya ketidakpastian dari kesepakatan dagang antara China dan AS. Selain itu, berlarut-larutnya proses keluarnya Inggris dari Eropa (Brexit) juga menambah ketidakpastian tersebut.

“BI tentunya telah mempertimbangkan berbagai faktor dalam keputusannya baik yang berasal dari faktor di dalam negeri maupun di luar negeri. Keputusan mempertahankan BI 7 Days RR yang diambil BI, saya rasa itu merupakan keputusan optimal. Meski tekanan inflasi di dalam negeri berada pada tren yang menurun dan nila tukar rupiah terhadap dolar AS berada pada level yang relatif stabil, BI kemungkinan masih memandang resiko eksternal masih cukup tinggi,” Airlangga dalam keterangannya, Jumat (22/11/2019).

Airlangga juga mengapresi langkah penurunan GWM yang dilakukan BI dalam upaya menjaga kecukupan likuiditas di pasar keuangan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *