Airlangga-Ganjar Dinilai Sama-sama Potensial Jadi Capres-Cawapres 2024

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Ujang Komaruddin menilai Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sama-sama punya potensi untuk menjadi calon presiden dan calon wakil presiden 2024.

Hal itu disampaikan Ujang menanggapi peluang Airlangga dan Ganjar di Pilpres 2024 usai pertemuan keduanya di Klaten, Jawa Tengah dalam acara haul Ki Ageng Gribig.

Berita Lainnya

“Keduanya punya potensi ya, punya potensi yang sama untuk bisa menjadi capres atau cawapres. Keduanya juga bisa bersama-sama maju sebagai capres dan cawapres,” kata Ujang di Jakarta, Sabtu (25/9/2021).

Ujang menyebut keduanya memiliki kelebihan masing-masing. Untuk Airlangga, elektabilitasnya bisa saja kian meroket bilamana dirinya berhasil memulihkan ekonomi pascapandemi Covid-19.

Kemudian, Ganjar memiliki kharisma yang nantinya bisa meraup suara dari kalangan emak-emak. Menurut dia, kedua hal itu bisa saja disatukan dan menjadi saling menguntungkan.

“Airlangga bisa saja elektabilitasnya akan naik karena secara umum bisa stabilkan ekonomi. Dan Ganjar dengan penampilan good looking-nya bisa menjangkau dan meraih suara kaum emak-emak Jadi bisa bersinergi bersama,” ujarnya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah. Dia mengatakan Airlangga dan Ganjar merupakan sosok yang sama-sama potensial menjadi capres dan cawapres.

“Dari sisi personal keduanya cukup potensial. Airlangga miliki catatan kerja yang baik. Bahkan beberapa kali berhasil memublikasikan prestasinya dalam penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi,” kata Dedi.

Dedi menjelaskan, sosok Ganjar sebagai gubernur juga memiliki panggung yang cukup potensial untuk menjaga ritme popularitas. Akan tetapi, untuk Ganjar masih sangat jauh jika berbicara mengenai pilpres lantaran belum memiliki kepastian diusung oleh partai politik mana.

“Peluang Ganjar dalam kontestasi pilpres masih sangat jauh. Sementara Airlangga dapat dikatakan hanya tinggal selangkah karena miliki porsi suara mayoritas sekaligus Ketua Umum Partai Golkar. Ganjar sendiri belum miliki kepastian diusung di parpol,” ungkapnya.[fed]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *