Internasional

Akhir Pekan, Topan Trami Diperkirakan Menghantam Jepang

Ilustrasi oleh Medcom

Tokyo: Topan Trami, badai besar dan kuat di lepas pantai Jepang diperkirakan akan mendarat di bagian selatan negeri itu pada Sabtu.
 
Badan Meteorologi Jepang mengatakan, badai mengarah ke utara menuju Okinawa pada Rabu dan diperkirakan melintasi perjalanan di darat ke prefektur selatan pada Sabtu. Sebelum beralih ke arah barat Jepang pada Minggu.
 
Trami diperkirakan membawa angin kencang dan gelombang laut yang ganas ke Okinawa sebelum mendarat, dengan angin dan hujan ditaksir akan meningkat pada Minggu di Jepang barat.
 
Astronot Eropa Alexander Gerst membagikan foto-foto mata badai dari angkasa, pada Selasa, mencatat hal itu tampak seolah-olah "seseorang menarik sumbat raksasa sebuah planet."
 
"Menunduk ke mata badai ganas lain. Kategori 5 Super Topan Trami tak terbendung dan menuju Jepang dan Taiwan. Semoga aman di sana!" Gerst menulis di Twitter, seperti dilansir dari UPI, Kamis 27 September 2018.
 
Badai kemungkinan melemah jadi setara dengan badai Kategori 3, dan diperkirakan membawa angin antara 185 kilometer per jam dan 201 km per jam ketika itu berhembus di Jepang.
 
Trami diperkirakan sedikit melemah sebelum mendapatkan kekuatan lagi karena mendekati daratan dan dampaknya sudah bisa dirasakan di Jepang.
 
Total curah hujan dapat mencapai lebih dari 9,8 inci hingga 19,6 inci di Kagoshima sampai Tokyo, berpotensi menyebabkan banjir dan tanah longsor.
 
"Curah hujan pra-topan dapat menyebabkan ancaman tanah longsor. Sekali saja sistem yang bergerak di dalamnya akan meningkatkan hujan itu," kata ahli meteorologi CNN, Tom Sater.
 
Sater menambahkan bahwa model sebelumnya menunjukkan badai akan menghantam daratan Taiwan, tetapi kali ini kemungkinan itu kecil.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close