Aktivis ICW: Beberapa dari 20 Nama Capim KPK Yang Lolos Punya Catatan Kelam

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA – Masa depan pemberantasan korupsi terancam. Kondisi ini disebabkan proses seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemerantasan Korupsi (KPK) yang menyisakan berbagai persoalan serius. Mulai dari tindakan atau pernyataan Pansel, proses seleksi, hingga calon-calon yang tersisa sampai sejauh ini.

Koalisi Pengawal Seleksi Capim KPK menilai dari 20 nama yang lulus hingga tahapan tes “profile assessment” ini, beberapa diantaranya memiliki rekam jejak yang kurang bagus dalam hal pemberantasan korupsi.

Baca Juga:

“Dan beberapa (dari 20 nama tersebut) diduga memiliki catatan kelam dimasa lalu,” Ujar Aktivis Indonesia Corruption Watch Kurnia Ramadhana, di Kantor LBH Jakarta, Minggu (25/8).

Kurnia menambahkan ada beberapa figur yang pernah melanggar kode etik di lembaganya terdahulu dan ada pula figur yang pernah melakukan intimidasi terhadap salah seorang pegawai KPK.

Sebelumnya (23/8) Koalisi Pengawal Seleksi Capim KPK sudah melayangan beberapa tuntutan. Adapun tuntutan tersebut mendesak Presiden Joko Widodo untuk segera mengevaluasi Pansel Capim KPK dan meminta Pansel Pimpinan KPK agar lebih peka dan responsive terhadap masukan masyarakat serta mencoret nama-nama yang tidak patuh melaporkan LHKPN dan mempunyai rekam jejak bermasalah.

Adapun anggota yang tergabung dalam Koalisi Kawal Capim KPK terdiri dari Indonesia Corruption Watch (ICW), Lembaga Bantuan Hukum Jakarta (LBH Jakarta), Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), Pusat Studi Hukum dan Kebijakan (PSHK), Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS), Pusat Studi Konstitusi FH UNAND, Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi. (rma)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *