Alwi Shihab Pancasila Bagian dari Islam

  • Whatsapp
Alwi Shihab

INDOPOLITIKA – Mantan Menteri Luar Negeri era Gus Dur, Alwi Shihab menepis wacana Gerakan Indonesia Bersyariah. Alwi mengatakan Indonesia itu sudah bersyariah sejak dulu. Dia menegaskan bahwa Ideologi Pancasila justru bagian dari ajaran Islam.

“Bahwa Pancasila sejak awal sampai sekarang sama sekali tidak mengandung pemahaman yang anti agama, justru Pancasila bagian dari agama,” kata Alwi, pada Focuss Grup Discussion di Hotel LS Luwansa, Jakarta Selatan, Jumat (16/8).

Baca Juga:

Cendikiawan muslim itu menyebut, ada kelompok radikal yang berusaha membelokkan sejarah tersebut dan memprovokasi masyarakat seakan-akan Pancasila tidak Islami.

“Kelompok radikal berusaha memaksakan pandangan pada masyarakat kita, khususnya yang tidak mengerti dan mudah untuk diprovokasi dengan mengedepankan seakan-akan Pancasila tidak Islami,” ujarnya.

Karena itu, sangat menjadi perhatian bagi Gerakan Suluh Kebangsaan untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat luas bahwa NKRI dan Pancasila tidak bertentangan dengan Islam. Alwi juga menyebut akan mengusulkan kepada ulama moderat Arab Saudi memberikan penyuluhan tentang bahaya radikalisme ini.

“Kami akan mengusulkan supaya tokoh-tokoh Islam dari dunia Arab yang moderat bisa menyampaikan pada masyarakat Indonesia. Karena kelompok radikal ini selalu mengacu pada tokoh-tokoh di negeri Arab dan menganggap tokoh-tokoh Islam di Indonesia ini KW 2,” sambungnya.(DMS/AB)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *