Amien Rais: Pemindahan Ibukota Dipersembahkan Untuk Beijing

  • Whatsapp
Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais (ist)

INDOPOLITIKA- Politikus senior Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais mengkritik rencana pemindahan ibukota negara ke Kalimantan Timur (Kaltim). Dia mengatakan pemindahan ibukota bisa mempercepat pengambilalihan kedaulatan negara kita oleh Cina.

“Sekali lagi, Xi Jinping (Presiden Cina) ini lebih hebat dari Mao Zedong. Xi mengatakan bahwa kalau negara-negara Barat bisa menduduki negara lain, negara-negara Barat dalam era kolonialisme bisa menjajah negara lain, mengapa kita tidak?” kata Amien dalam seminar ‘Menyoal Rencana Pemindahan Ibu Kota’ di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (3/9/2019).

Baca Juga:

Dia menuding pemerintah bukan menunggu kajian Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional) untuk memindah ibukota. Namun, kata Amien, pemerintah menunggu studi Beijing.

“Saudara sekalian, di dunia ini ada struggle for global supremacy, struggle for global hegemony antara Amerika dan Tiongkok. Kemudian Tiongkok ini sekarang dari segi military power sudah hampir neck on neck, hampir sama,” tegas Amien.

Karena itu, Amien meminta Presiden Jokowi membatalkan rencana pemindahan ibukota. Dia meminta pemerintah tidak perlu berbasa-basi.

“Kalau mereka tetap akan mindah ibukota padahal dipersembahkan untuk Beijing, ini pertanda memang wallahualam,” tutur Amien.[sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *