Anak Buah Paloh Beri Skor Kabinet Jokowi 80

  • Whatsapp
Ketua DPP Partai NasDem Irma Suryani Chaniago

INDOPOLITIKA.COM- Ketua DPP Partai Nasional Demokrat (NasDem) Irma Suryani Chaniago memberi skor 80 terkait komposisi Kabinet Indonesia Maju (KIM) Jokowi- Ma’ruf Amin.

“Kenapa saya kasih skor 80? Karena saya tinggalkan 20 untuk ruang kekecewaan saya nanti. Sebab kalau ternyata dalam setahun atau dua tahun ke depan ada (menteri) yang di-reshuffle artinya memang ada yang tidak pas (dalam KIM),” ujar Irma Chaniago saat berbicara di acara talk show di stasiun televisi Rabu (23/10/2019).

Berita Lainnya

Terkait adanya perubahan arah politik terhadap Prabowo yang pada pilpres lalu menjadi rival Jokowi, kini memilih koalisi, anak buah Surya Paloh ini menilai apapun bisa terjadi dalam politik.

“Sesuatu yang tertulis aja dalam politik bisa berubah, apalagi yang tidak tertulis. Jadi maklumi saja. Beginilah dinamika politik Indonesia masih seperti ini,” katanya.

Secara pribadi, Irma sejatinya menginginkan adanya kekuatan checks and balances untuk mengontrol pemerintah. Dia khawatir jika pemerintah terlalu absolut, tak ada yang mengontrol, maka pemerintahan akan cenderung korup dan diktator.

DPR yang menjadi kunci dari kekuatan checks and balances, dinilai Irma, faktanya masih menjadi kepanjangan tangan partai, bukan kepanjangan tangan rakyat. Oleh karenanya kalau hanya mengandalkan kawan-kawan parlemen, checks and balances tak akan berjalan.

“Contohnya kemarin saat mahasiswa dan rakyat aksi beberapa RUU itu terjadi karena checks and balances di parlemen nggak ada. Kalau tidak ada checks and balances maka yang muncul adalah parlemen jalanan,” tandasnya.[sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *