Mantu Ma’ruf Amin Tak Dilantik jadi Anggota DPR

Tak Serahkan LHKPN
  • Whatsapp

INDOPOLITIKA – Mantu Wakil Presiden Terpilih, KH Ma’ruf Amin, Muhammad Rapsel Ali tak menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggaraan Negara (LHKPN) hingga batas akhir Sabtu sore, (7/9) lalu. Anggota DPR RI terpilih 2019-2024 dari Partai NasDem tersebut tak akan dilantik pada 1 Oktober 2019 oleh Presiden Jokowi.

Rapsel Ali terpilih dari Daerah Pemilihan Sulawesi Selatan pada Pemilu 2019. “Info dari KPK, untuk Rapsel Ali sudah dihubungi, namun beliau sampaikan akan menyampaikan LHKPN seminggu sebelum pelantikan,” ujar Komisioner KPU Ilham Saputra.

Baca Juga:

KPU telah mengumumkan bahwa anggota parlemen terpilih harus menyerahkan LHKPN paling lambat tujuh hari setelah ditetapkan menjadi anggota DPR dan DPD periode 2019-2024.

Penetapan sebagai anggota parlemen terpilih di KPU pada 31 Agustus 2019 sehingga batas akhir penyerahan LHKPN ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) adalah 7 September 2019.

Penyerahan LHKPN menjadi salah satu syarat pelantikan anggota DPR dan DPD 2019-2024 pada 1 Oktober 2019. Bila belum juga menyerahkan, anggota DPR atau DPD terpilih akan ditunda pelantikannya.

“Sudah dijelaskan juga terkait Peraturan KPU dan meminta yang bersangkutan menghubungi KPU untuk informasi lebih lanjut.”

Menurut Ilham, berdasarkan hasil koordinasi KPU dengan DPP Partai NasDem, partai pimpinan Surya Paloh itu menyatakan akan mengikuti kebijakan KPU termasuk segala risiko akibat keterlambatan penyerahan laporan.

Perlu diketahui, Muhammad Rapsel Ali menikah dengan putri KH Ma’ruf Amin, Siti Nur Azizah pada awal 2019 lalu.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *