Internasional

Anak Mantan PM Thailand Didakwa Lakukan Pencucian Uang

Panthongtae Shinawatra. (Foto: The Nation)

Bangkok: Putra dari mantan Perdana Menteri Thailand Thaksin Shinawatra yang bernama Panthongtae Shinawatra menghadiri sidang perdana tuduhan pencucian uang.

Jaksa Agung menyebutkan, Panthongtae akan dituntut atas tuduhan itu karena berkonspirasi untuk mencuci uang sebesa 10 juta Baht atau setara dengan Rp4,6 triliun.

Tahun lalu, pihak berwenang juga melayangkan dakwaan karena ia diduga telah menerima cek sebesar 10 juta Baht pada 2004.

Selain itu, Panthongtae juga diduga terlibat kasus korupsi atas peminjaman palsu sebesar 9,9 miliar Baht yang dibuat oleh Bank Krungthai milik negara saat ayahnya masih menjabat perdana menteri. 

Dilansir dari Strait Times, Rabu 10 Oktober 2018, Panthongtae datang ke kantor jaksa agung dengan ditemani oleh dua adiknya dan juga beberapa anggota senior Partai Puea Thai, tempat bernaung ayahnya.

Jika terbukti bersalah, Panthongtae akan dijerat hukuman penjara hingga 10 tahun.

Ayahnya, Thaksin, mendominasi politik Negeri Gajah Putih selama lebih dari satu dekade. Ia pernah hidup di pengasingan untuk melarikan dari hukuman penjara karena korupsi disusul penggulingannya dalam kudeta 2006.

Sementara itu, adiknya, Yingluck Shinawatra yang digulingkan dari jabatan perdana menteri pada 2014, juga melarikan diri dari Bangkok pada Agustus tahun lalu karena kasus kelalaian kriminal dan korupsi.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close