Internasional

Ancam Bunuh Politikus Anti-Islam, Pria Belanda Ditangkap

Politikus anti-Islam Belanda, Geert Wilders. (Foto: AFP).

Den Haag: Seorang pria ditangkap karena mengancam akan membunuh politikus anti-Islam Belanda, Geert Wilders. Sebelumnya muncul sayembara untuk membunuh Wilders yang berhadiah uang USD24 ribu.
 
Baca juga: Imbalan Uang Demi Kematian Politisi Anti-Islam Belanda.
 
Geert Wilders, dikenal di seluruh Eropa karena ia menjanjikan untuk melarang Alquran dan menutup masjid. Pada Juni lalu membuat kompetisi kartun yang menggambarkan Nabi Muhammad.
 
Polisi kontra-terorisme Belanda (NCTb) telah menangkap seorang pria yang diduga mengancam serangan Geert Wilders, pada 29 Agustus 2018. Ancamannya itu disampaikan melalui Facebook.
 
Polisi mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka menahan pemuda berusia 26 tahun, yang belum diidentifikasi. Dia ditangkap di stasiun kereta api utama di Den Haag setelah mereka melihat videonya di Facebook.
 
"Saya diberitahu oleh NCTb pagi ini bahwa seorang pria di Facebook mengatakan bahwa dia telah tiba di Belanda untuk tujuan membunuh saya. Untungnya, dia telah ditangkap. Ini adalah kegilaan bahwa ini terjadi karena kontes menggambar," tulis Wilders di akun Twitter-nya, seperti dikutip Sputnik, Rabu 29 Agustus 2018.
 
Pada bulan Juni, laporan media mengatakan bahwa Wilders berencana untuk menyelenggarakan kompetisi kartun Nabi Muhammad di kantor Partai untuk Kebebasan (PVV) yang berada dekat kompleks Parlemen Belanda.
 
PVV mengatakan pada saat itu bahwa kontes telah disetujui oleh badan kontra-terorisme Belanda. Namun Perdana Menteri Belanda Mark Rutte menggambarkan kontes itu 'tidak sopan' dan 'provokatif'. Menteri Luar Negeri Belanda, Stef Blok menegaskan bahwa kompetisi tersebut tidak dilakukan atas nama pemerintah.
 
Mengomentari kritik, Wilders mengatakan bahwa "kebebasan berbicara terancam, terutama bagi para kritikus Islam dan bahwa kita tidak boleh menerima itu karena kebebasan berbicara adalah kebebasan kita yang paling penting."
 
Muslim menganggap gambar Nabi Muhammad sebagai penghujatan, dan bahkan penggambaran positifnya dilarang dalam Islam.
 

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close