Anggota Dewan asal Papua sebut Aparat Penegak Hukum Tidak Adil

  • Whatsapp
Anggota DPR Jimmy Demianus Idjie.

INDOPOLITIKA – Kerusuhan di Manokwari serta Sorong dinilai sebagai akibat dari sikap aparat penegak hukum yang tidak adil dalam penegakan hukum. Hal ini diungkapkan oleh anggota DPR RI asal Papua, Jimmy Demianus Idjie.

“Perlakuan tidak adil itu terutama dialami para mahasiswa Papua. Mereka diperlakukan seperti teroris,” ujar anggota DPR dan juga anggota Kaukus Parlemen Papua di DPR RI, Jimmy Demianus Idjie kepada wartawan Indopolitika, Selasa (20/08).

Baca Juga:

Dirinya mengatakan, setiap tahun selalu ada peristiwa di asrama mahasiswa Papua di Kalasan, Tambaksari, Surabaya. Dalam kejadian-kejadian itu, kata Jimmy para mahasiswa Papua selalu menyaksikan bagaimana aparat memperlakukan mereka dengan sangat kasar dan penuh caci maki.

“Anak-anak Papua dicaci maki dengan kata-kata yang sangat kasar merendahkan harkat dan martabat orang Papua. Kata-kata yang berbau rasis dialamatkan kepada anak-anak Papua. Aparat yang harusnya menjadi pelindung tetapi tidak lagi mencerminkan hal itu,” ujar anggota Komisi X DPR dari Fraksi PDI Perjuangan tersebut.

Namun sebegitu jauh perlakuan-perlakuan kasar dan tidak terpuji dilakukan para aparat tersebut, tambahnya tidak pernah ada seorang pun dari aparat itu yang ditindak atau diproses hukum karena tindakan mereka yang menghina rakyat.

Dalam peristiwa di asrama mahasiswa Papua di Surabaya, Sabtu (17/8), katanya lagi perlakuan tidak adil itu kembali terjadi. Sejumlah 23 mahasiswa Papua, kata dia, kembali diperlakukan seperti teroris.

“Kalau kita lihat videonya di mana aparat menyerbu asrama mahasiswa Papua seperti hendak menangkap teroris,” tambahnya.

Padahal, kata dia, tidak satu pun dari mahasiwa Papua di asrama itu yang besenjatakan parang, pisau, tombak atau senjata tajam lainnya, sehingga seharusnya aparat tidak memperlakukan mereka seperti itu.

“Hal itu sebenarnya pemicu amarah sehingga terjadi akumulasi emosi rakyat di beberapa kota di Papua, karena lagi-lagi melihat aparat berlaku tidak adil,” kata Jimmy Demianus Idjie yang terpilih kembali menjadi anggota DPR periode 2019-2024 dari daerah pemilihan Papua Barat.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *