Anggota DPD Jimly Setuju Wacana Pemekaran Papua Menjadi Tiga Provinsi

  • Whatsapp
Anggota Dewan Perwakilan Daerah Jimly Asshiddiqie

INDOPOLITIKA.COM – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie setuju dengan wacana pemekaran Papua menjadi tiga provinsi. Menurut anggota DPD RI perwakilan Jakarta itu, pemekaran Papua menjadi tiga provinsi merupakan keputusan politik presiden. Meskipun saat ini tengah masa moratorium pemekaran daerah otonomi baru.

“Saya setuju,” katanya (30/10)

Baca Juga:

Dulu, kata dia, dalam UU otonomi Papua, provinsi itu telah dibagi tiga provinsi. Yakni provinsi Irian Jaya, Irian Jaya Barat, dan Irian Jaya Tengah. Tetapi, MK membatalkan provinsi Irian Jaya Tengah lantaran belum terbentuk sempurna. MK hanya mengabulkan provinsi Irian Jaya dan Irian Jaya Barat. Setelah itu, nama Irian Jaya berubah menjadi Papua. Sementara, pada saat bersamaan, MK membatalkan provinsi Irian Jaya Tengah itu. Tapi kini Jimly mendorong pembentukan provinsi di pegunungan bagian tengah pulau cenderawasih tersebut.

“Nah, sekarang kalau mau dimekarkan lagi, untuk misalnya (Provinsi) Papua Tengah, boleh aja. Tapi harus dengan UU,” katanya.

Dia menambahkan, tidak masalah bila dalam masa moratorium ini pemerintah tetap mengabulkan pemekaran wilayah. Apalagi, moratorium merupakan kebijakan politik pemerintah. Dia tidak khawatir pemekaran di provinsi Papua akan menimbulkan kecemburuan bagi 315 daerah lain yang saat ini mengajukan daerah otonomi baru (DOB).

“(Pengusul) DOB itu kan aparatnya pemerintah. Kalau kepala pemerintahan udah mau memekarkan, ya DOB harus melaksanakan,” ujarnya.

Lantas, bagaimana nasib lebih dari 300 proposal DOB yang menumpuk di Kemendagri, Jimly mengatakan “Kenapa tidak (dikabulkan),” ujarnya.[pit]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *