Anggota DPR Bambang Purwanto Desak Pemerintah Antisipasi Fenomena El-Nino

  • Whatsapp
Anggota Komisi IV DPR, dari Fraksi Demokrat Bambang Purwanto

INDOPOLITIKA.COM – BMKG memprediksi tahun depan gelombang el-nino akan datang lagi mulai April sampai dengan Oktober 2020. Kondisi ini dikhawatirkan meningkatkan titik panas (hotspot) dan memicu kebakaran hutan juga lahan (karhutla) yang berdampak semakin parah di berbagai wilayah.

Menurut anggota Komisi IV DPR, dari Fraksi Demokrat Bambang Purwanto, pemerintah sebaiknya lebih waspada terhadap dampak yang akan diakibatkan dari fenomena ini, dengan menyiapkan strategi jitu.

Muat Lebih

“Kita patut waspada dari sekarang sebagaimana sebelumnya dalam penyelesaian dampak yang ditimbulkan sangat rumit, sehingga sekarang kita harus mengkajinya secara cermat. Terutama karakteristik masing-masing wilayah,” ujar Bambang, di Ruang Kerjanya, Jakarta Pusat, Selasa (19/11/2019).

Wakil Rakyat dapil Kalimantan Tengah ini mengklasifikan antara lahan mineral dengan lahan gambut, sangat perlu dilakukan kajian spesifik karena punya kedalaman yang berbeda-beda. “Dan pemerintah agar lebih fokus penanganan lahan gambut, mengingat ketika terbakar produksi asapnya lebih besar dan sulit dipadamkan,” bebernya.

Bagaimana Peran Pemerintah Saat Ini?

Bambang mengakui, sejauh ini peran pemerintah dalam menangani Karhutla sebenarnya sudah luar biasa, melalui patroli dari berbagai pihak yang berkompeten termasuk juga pelibatan TNI, Polri juga peran Pemda serta masyarakat secara swadaya, hingga pemerintah membentuk BRG (Badan Restorasi Gambut) yang secara khusus menangani persoalan gambut harus diapresiasi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *