Internasional

Anggota Kongres Meksiko Diculik Kelompok Bersenjata

Meksiko: Seorang anggota kongres terpilih Meksiko diculik dibawah todongan senjata pada Selasa 14 Agustus 2018.

Peristiwa ini masih meliputi seputar pemilihan 1 Juli yang merupakan peristiwa paling berdarah dalam sejarah negara tersebut.

“Azucen Rodriguez Zamora, anggota terpilih dalam Kongres untuk negara bagian timur Veracruz, sedang mengemudikan kendaraannya di jalan raya di Hidalgo ketika seorang bersenjata menembaki mobilnya,” ucap seorang sumber petugas kepolisian, seperti dikutip AFP, Rabu 15 Agustus 2018.

Mobil yang dikendarainya terbalik dan melukai dua orang yang berada satu mobil dengan Rodriguez. Orang-orang bersenjata tersebut kemudian menarik Rodriguez dari mobil dan menculiknya.

Ini merupakan kasus penculikan kedua yang terjadi di Hidalgo dalam beberapa hari terakhir. Pada 6 Agustus, Wali Kota Naupan, negara bagian Puebla, ditemukan tewas setelah diculik oleh penculik bersenjata di jalan raya Hidalgo.

Menurut perusahaan konsultansi Etellekt, setidaknya 152 politisi dibunuh dalam masa pemilihan umum Meksiko.

Kasus pembunuhan banyak terjadi antara bulan September, ketika pendaftaran kandidat dibuka, dan pada hari pemilihan. Hal ini menjadikan Meksiko sebagai pemilihan umum paling kejam yang pernah terjadi.

Rekor kasus pembunuhan di Meksiko pada tahun 2017 tercatat sebanyak 28.711 kasus dan pada tahun 2018 dikatakan meningkat.

Kasus kekerasan mulai banyak terjadi di Meksiko sejak pemerintah mengerahkan tentara untuk memerangi perdagangan narkoba pada tahun 2006. Sejak saat itu, lebih dari 200.000 orang tewas dalam kasus pembunuhan dan 30.000 lainnya dinyatakan hilang. (Khalisha Firsada)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close