Anggota MPR Junaidi Auly: Empat Pilar Kebangsaan Kunci Kekokohan Bangsa Indonesia

Anggota MPR Junaidi Auly (pojok kanan) saat sosialisasi empat pilar, di Lampung Timur, Ahad (20/3/2022)/ist

INDOPOLITIKA.COM – Anggota MPR RI Junaidi Auly menggelar sosialisasi empat pilar meliputi Pancasila, Undang-undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika, di Balai Desa Metro Kibang, Kabupaten Lampung Timur, Ahad (20/3/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Junaidi mengajak masyarakat untuk meningkatkan kesadaran bersama menjalankan nilai dari empat pilar kebangsaan sehingga dapat mempererat tali kesatuan dan persatuan.

“Bangsa ini memiliki tantangan degradasi operasional nilai kebangsaan, jika terus mengemuka akan berimplikasi terhadap menguatnya persoalan bangsa ke depan. Untuk itu penting memitigasi persoalan kebangsaan melalui penguatan-penguatan kesadaran berbangsa dan bernegara,” ungkap Junaidi.

Junaidi berharap semua pihak memiliki selektivitas dan tidak terjebak pada narasi-narasi yang dapat mengakibatkan perpecahan bangsa. Perjalanan bangsa ini masih panjang sejalan dengan upaya menggapai cita-cita negara sebagaimana tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

“Merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur tidak dapat dibangun melalui kebencian dan prasangka buruk, cita-cita ini dibangun melalui kesadaran bersama untuk ikut aktif membangun bangsa,” tegas Junaidi.

Anggota MPR dari Fraksi PKS ini menekankan keberagaman bangsa harus dipandang sebagai alat pemersatu dan menumbuhkan rasa nasionalisme, adapun Empat Pilar ini adalah kunci. Jika kunci pilar ini dilaksanakan, maka pembangunan bangsa dalam rangka mencapai kesejahteraan umum dapat terlaksana dengan optimal.

“Operasionalisasi Empat Pilar ini merupakan kunci kekokohan bangsa. Untuk memperkokoh pilar dari terjangan badai, maka kita jaga bersama pilar ini agar tidak terbawa badai perpecahan,”, demikian Junaidi. [Red]


Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.