Anggota TNI Kabur dan Membelot, Langsung Diberi Jabatan Penting di KKB

  • Whatsapp
Ilustrasi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). (Dok TNI)

INDOPOLITIKA.COM – Satu anggota TNI dari Yonif 410 dilaporkan kabur dari pos pemantauan tanpa membawa senjata pada 12 Februari lalu.

Anggota yang diketahui bernama Pratu Lucky Y. Matuan atau Lukius telah bergabung ke Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua.

Berita Lainnya

“Kami memastikan ada satu anggota TNI dari Raider 400, Pratu Lucky Y. Matuan (Lukius) telah membelot ke KKB. Pratu Lukius dia kelana yuda (meninggalkan tugas) bergabung dengan KKB di Intan Jaya,” kata Asisten Operasi Kogabwilhan III, Brigjen Suswatyo kepada wartawan, dikutip Sabtu, (17/11/2021) dari Viva.co.id.

Suswatyo menegaskan, Pratu Lukius telah dianggap sebagai pengkhianat karena bergabung dengan KKB di Intan Jaya. Lukius, kata dia, juga sudah masuk dalam daftar anggota KKB di Intan Jaya.

Aparat keamanan akan menindak tegas jika bertemu dengan eks tentara tersebut.
“Mereka sudah gabung ke sana, kalau ketemu ya ditindak tegas karena dia sudah masuk kelompok ekstremis,” kata Suswatyo.

Ia berharap, bergabungnya Pratu Lukius ke KKB, tak membuat kekuatan kelompok itu meningkat. “Mudah-mudahan saja tidak ada gangguan apa pun kepada masyarakat,” kata dia.

Sementara itu, Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB), Sebby Sambom, membenarkan terdapat mantan anggota TNI AD yang membelot.

Prajurit tersebut diketahui berpangkat pratu bernama Lucky Mutuan atau lebih dikenal Lukius.

Setelah membelot, Pratu Lukius memilih bergabung dengan TPNPB atau Kelompok Keriminal Bersenjata (KKB).

Sebby mengatakan, Pratu Lukius bergabung dengan KKB Papua sejak Februari 2021.

Menurut Sebby, Pratu Lukius merupakan prajurit terlatih. Karena alasan itulah, Pratu Lukius diberi jabatan penting sebagai komandan lapangan TPNPB atau KKB. [rif]

Berita Terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *