Angka Putus Sekolah Naik Selama Pandemi, Puan Kritik Keras Menteri Nadiem

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Ketua DPR Puan Maharani tak segan mengkritik Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim di momen Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), kemarin. Meskipun, dua pekan lalu, Nadiem baru saja bertemu Megawati. Puan sepertinya tak puas dengan kinerja mantan Bos Go-Jek tersebut.

Dalam keterangan pers yang disebar ke media, Ketua DPP PDIP itu menyoroti angka putus sekolah yang tinggi selama Pandemi Covid-19. Puan pun meminta Nadiem tanggungjawab dan mencari tau sebab dari masalah tersebut.

Berita Lainnya

“Apakah karena terkendala pembelajaran jarak jauh (PJJ), atau anak berhenti sekolah karena persoalan ekonomi keluarga akibat pandemi?” tanya Puan.

Jika masalahnya ada di infrastruktur PJJ, seperti akses internet dan perangkat pendukung lainnya, dia minta agar Nadiem segera membenahi itu. Menurutnya, itu adalah syarat mutlak yang harus dipenuhi pemerintah. Sehingga kesenjangan infrastruktur PJJ atau antar daerah tak terjadi.

Selain infrastruktur, Puan juga mengingatkan efektivitas PJJ, kualitas tenaga pendidik, peserta didik, dan materi pembelajarannya. “Bila tidak ada tindakan, maka kesenjangan pendidikan bisa semakin lebar,” kritiknya.

Mantan Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) ini menegaskan, pendidikan adalah hak dan kebutuhan dasar. Pendidikan akan menentukan terwujudnya national and character building.

Sikap Puan ini seakan bertolak belakang dengan kemesraan Nadiem dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, dua pekan lalu. Saat itu, Nadiem menemui Mega di kediaman Ibu Banteng tersebut di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Selasa (20/4).

Dalam pertemuan itu, Nadiem dan Mega sangat mesra. Keduanya bahkan sempat selfie bersama. Karena kemesraan ini, banyak analis yang menyebut Nadiem bisa lolos dari reshuffle kabinet, pekan lalu. Dan, memang terbukti, Nadiem aman dari reshuffle. [fed]

Berita Terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *