Anies-AHY Vs Prabowo-Puan, Siapa Lebih Unggul? 

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Ada banyak skenario yang mungkin terjadi di Pemilihan Presiden (Pilpres)  2024. Dua diantaranya adalah duet Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) versus Prabowo Subianto dan Puan Maharani.

Pengamat Politik sekaligus Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia, menilai jika kedua pasangan tersebut yang bertarung pada Pilpres 2024, maka Pasangan Anies-AHY dinilai lebih unggul dibanding Prabowo-Puan. Pertama-tama Dedi melihat Anies berpeluang besar untuk bisa berduet dengan AHY di Pilpres 2024.

Berita Lainnya

“Pertama, peluang Anies-AHY akan lebih mungkin terjadi jika Anies berhasil berebut Parpol dengan tokoh potensial lain yang sama-sama tidak terafiliasi dengan Parpol,” ucap Dedi saat dihubungi, Minggu (6/6/2021).

Kemudian Dedi menjelaskan peluang Prabowo-Puan, menurutnya masih dilematis. Hal itu terkait latar belakang partai politik keduanya.

“Sementara Prabowo-Puan, ini masih dilematis, satu sisi PDIP jauh lebih unggul dari Gerindra, juga terkait tren pemilih PDIP yang lebih condong pemilih Parpol, bukan pemilih tokoh, sehingga kehadiran Puan sebagai Cawapres bisa saja akan mengalami dialog yang panjang,” terangnya.

“Begitu halnya Prabowo, juga sulit menerima posisi Cawapres PDIP, selain pernah gagal saat bersanding dengan Megawati, juga Gerindra merasa Prabowo selalu teratas dalam paparan survei sejauh ini,” imbuhnya.

Lalu bagaimana jika kedua pasangan tersebut maju di Pilpres 2024? Dedi dengan lantang mengatakan Pasangan Anies-AHY memiliki modal elektabilitas ketokohan lebih kuat. Oleh karena itu, Anies-AHY lebih unggul dari Prabowo-Puan.

“Kedua, jika membandingkan dua pasang tersebut, dari modal elektabilitas ketokohan, Anies-AHY bisa lebih unggul dari Prabowo-Puan, tentu dengan syarat tidak ada tokoh lain selain mereka, jika ada tokoh lain yang ikut kandidasi, dua pasang ini masih mungkin terjungkal,” ungkapnya.

Dedi mengatakan setidaknya, keunggulan Anies-AHY dapat dilihat dari keberimbangan elektabilitas personal dan Parpolnya. “AHY dengan Demokrat miliki tingkat keterpilihan yang setara, berbeda dengan Puan yang masih miliki jarak cukup jauh dengan PDIP,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan hasil survei Parameter Politik yang dirilis secara virtual, Sabtu (5/6/2021). Pasangan Anies-AHY memperoleh 35,9 persen. Sedangkan, Prabowo-Puan hanya memperoleh 21,8 persen. “42,3 persen masih ragu atau tidak menjawab,” ucap Adi Prayitno Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia. [fed]

Berita Terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *