Anies Baswedan Terancam Tak Bisa Maju Di Pilpres 2024 Karena Alasan Ini

  • Whatsapp

 

INDOPOLITIKA.COM – Primadona bursa Calon Presiden 2024, Anies Baswedan dinilai terancam tidak bisa mengikuti gelaran laga ter akbar di negeri ini. Pasalnya ada cukup banyak faktor yang membuat Anies tidak bisa ikut laga panas tersebut.

Berita Lainnya

Demikian seperti diungkapkan pengamat politik Ciputat Study’s, Naffi Mubarok. Menurutnya meski banyak yang ingin Anies menjadi presiden namun ada juga pihak yang ingin menjegal Anies jadi presiden.

“Figur Anies pada tahun-tahun terakhir memang menjadi bintang, terutama bagi kelompok Islam yang merasa jenuh dengan situasi hari ini. Tapi jangan lupa bahwa yang menganggap Anies ancaman juga banyak,” ungkap Naffi kepada Indopolitika.com, Selasa (11/05).

Secara kasuistik, Naffi menyebut beberapa faktor betapa banyak kelompok yang tidak ingin Anies maju sebagai Capres 2024. “Bisa kita lihat Anies ini banyak sekali musuhnya, bisa diliat bagaimana setiap kebijakan apapun selalu berakhir dengan bully. Intinya Anies tidak ada baiknya sama sekali,” jelasnya.

Musabab Anies tampil moncer sebagai primadona, maka tal ayal langkah apapun bakal ditempuh oleh lawan politik Anies agar tidak maju.

“Ada banyak sekali isu yang dimainkan. Misalnya Anies tidak punya partai. Tidak mungkin bisa nyapres apalgi menang jika partai pengusung atau pendukung saja tidak ada. Makanya saya melihat ada semacam pengondisian partai agar tidak memberi dukungan bahkan signal sekalipun,” katanya lagi.

Harapan Anies hanya didukung oleh partai kecil yang basisnya adalah Islam. Sebut saja, PKS yang dinilai mungkin mengusung Anies. “Tapi sayangnya ke dekatan antara Anies dan PKS saya lihat biasa saja, tidak serius gitu lho. Jangan-jangan PKS hanya mendompleng untuk menaikan elektabilitas partai jelang pilpres,” imbuhnya.

Kemudian partai Islam lain sisa PKB dan PPP. Namun menurut Naffi kedua partai tersebut lebih sulit dan nampaknya Anies tidak akan berhasil. “Kedua partai lebih sulit, dan saya lihat tidak diusahakan juga sama Anies,” kata Naffi.

Lalu bagaimana dengan partai nasionalis relijius. “Sama saja, Anies sampai detik ini saya kira belum berhasil mendekati partai Demokrat atau NasDem. Kalau Demokrat jelas yah, pasti maunya AHY, harga mati. Jadi sekalipun Anies moncer dan selalu jadi bintang dalam survei, tapi sangat mungkin tidak bisa ikut pilpres. Kita lihat saja nati,” pungkasnya. [dbm]

Berita Terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *