Anies Disemprit Menteri Agus Gumiwang Soal Kantong Plastik, Kena Lagi Deh!

  • Whatsapp
Menperin Agus Gumiwang

INDOPOLITIKA.COM – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan kembali dikritik. Kali ini kritik datang dari Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang. Menteri Agus mengkritik Anies mengenai kebijakan larangan penggunaan kantong plastik di DKI.

Agus mengatakan, tidak ada korelasi yang kuat antara pelarangan kantong plastik dengan pengurangan sampah di DKI Jakarta. Menurut Agus, pengelolaan plastik yang baik dan benar dapat mendorong ketersediaan bahan baku plastik dan mendorong pertumbuhan industri plastik.

Bacaan Lainnya

“Diharapkan setiap pemda dapat mengeluarkan kebijakan pengelolaan sampah plastik. Karena, sampah-sampah itu sebetulnya punya potensi yang luar biasa untuk menjadi bahan baku industri,” ujarnya, Selasa (14/1/2020).

Seperti diketahui, belleid mengenai pelarangan penggunaan kantong plastik sekali pakai di Ibu Kota akan berlaku pada awal semester II/2020. Adapun, kantong plastik hanya berkontribusi sekitar 5 persen dari produksi plastik nasional atau sebanyak 360.000 ton per tahun.

Selain itu, industri kantong plastik merupakan salah satu subsektor industri plastik yang banyak menyerap tenaga kerja atau sekitar 30.000 orang.

Pekan Lalu, Pekan lalu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menandatangani Peraturan Gubernur Nomor 142 tahun 2019. Peraturan ini mengatur tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan, dan Pasar Rakyat.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *