Anies Kandidat Kuat Pilpres 2024, PSI: Harus Ada Pesaing Kuat Untuk Hadang Anies

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM- Hasil Survei Indobarometer yang merilis Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan salah satu calon terkuat untuk Pilpres 2024, membuat Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini kelabakan. Melalui Sekertaris Jenderal nya, Raja Juli Antoni, PSI meminta ada pesaing kuat yang dilahirkan dari kubu Presiden Jokowi.

Kata dia, Presiden Jokowi harus mampu mendorong tokoh-tokoh nasional untuk berani berhadapan dengan Anies Baswedan pada Pilpres 2024 nanti.

Bacaan Lainnya

“Misalnya, Ridwan Kamil, Ganjar Pranowo, Ibu Risma, Pak Nurdin Abdullah dan tokoh-tokoh lain yang bisa menjadi pengganti Pak Jokowi,” ujar dia di Hotel Atlet Century, Senayan pada Ahad, 23 Februari 2020.

Anies kata Juli, adalah sosok yang menjadi simbol populisme. Sosok popilisme yang dimaksud oleh Juli adalah, Anies dikenal dengan sebagai orang yang membawa isu primordial dan retorika keagamaan yang bisa membelah masyarakat.

Untuk itu, ia tidak menginginkan pemerintahan republik Indonesia dimasa yang akan datang dipimpin oleh sosok seperti itu.

“Anies kini menjadi simbol populisme. Saya ingin mengajak kepada teman-teman partai maupun masyarakat yang masih pro terhadap nasionalisme, saya kira harus ada barisan nasional yang secara serius menghadang figur yang terfokus pada isu populisme ini,” ujar Raja Juli.

Menurut Antoni, retorika sah-sah saja, tapi tanpa kinerja, semuanya menjadi nihil. “Apakah kata-kata dapat membebaskan Jakarta dari banjir? Pak Anies sebagai seorang Gubernur yang inkompeten, hanya menggunakan retorika tapi tanpa kerja,” ujar Antoni.

Sebelumnya, Indo Barometer melansir hasil survei terbarunya mengenai siapa saja kandidat kuat sebagai calon presiden untuk Pemilu 2024.

Hasilnya, survei tersebut menempatkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai kandidat terkuat.

Anies bahkan mengungguli kandidat lainnya yang juga kepala daerah, semisal Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wali Kota Surabaya Tri rismaharini.

Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari mengungkapkan, survei Indo Barometer  terkait capres-capres Pilpres 2024 itu dilakukan pada Januari 2020.

Hasilnya, Anies berada di posisi pertama dengan perolehan 31.7 persen. Kemudian disusul Ganjar Pranowo 11.8 persen, Tri Rismaharini 9.9 persen, Ridwan Kamil 8.2 persen, Khofifah Indar Parawansa 5.6 persen, dan Nurdin Abdullah 0.8 persen.[pit]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar

  1. A Sultan Jogya jelas orang asli Jawa. Bukan orang Sunda. Raja Inggris orang Inggris. Raja Belanda orang Belanda. Presiden India orang India. Presiden Filipina orang Filipina. Presiden Korea ya orang Korea. Emang lumrahnya kaya gitu. Eh masa presiden Indonesia orang Arab? Apa kata dunia???? Malu dong kaya gak ada orang2 Indonesia asli yang mampu. Maaf saya bukan rasis! Ini masalah lumrah dan tidak lumrah.