Anies: Terimakasih Teman-teman Yang Sudah Jadi Bagian dari Perubahan Jakarta

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Komite Sustainable Transport Award (STA) Washington DC, Amerika Serikat secara resmi menganugerahkan Jakarta, Indonesia sebagai Honorable Mention dan Pune, India sebagai kota pemenang Sustainable Transport Award 2020 atas usaha kedua kota ini dalam mengimplementasikan transportasi berkelanjutan.

Menanggapi penghargaan ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku, penghargaan ini patut disyukuri bersama. Lebih spesial lagi, penghargaan ini berbarengan dengan 16 tahun eksistensi TransJakarta.

Baca juga:

“Alhamdulillah, berbarengan dengan 16 tahun TransJakarta, DKI Jakarta meraih Penghargaan Honorable Mention” di ajang Sustainable Transport Award 2020, di Washington DC,” ungkap Anies.

Penghargaan dunia internasional tersebut, lanjut mantan Menteri Pendidikan itu, hanyalah bonus dari usaha serta kerja kerjas seluruh elemen terkait di Jakarta. “Pengakuan global ini adalah bonus bagi kita semua,” ungkap Anies melalui laman media sosial facebooknya, Jumat, (17/1/2020).

Anies Justru menyoroti peran serta masyarakat, khususnya warga DKI Jakarta yang sudah ambil bagian dalam perubahan Jakarta.

“Penghargaan terbesar justru dari warga Jakarta yang semakin sering naik transportasi publik karena merasakan manfaat langsung dari perbaikan yang dijalankan. Terima kasih kepada teman-teman yang telah ikut menjadi bagian dari perubahan di Jakarta,” ucap Anies.

“Honorable Mention diberikan atas usaha kita dalam memperluas sistem BRT, Transjakarta, integrasi antarmoda transportasi (JakLingko), dan peningkatan fasilitas pejalan kaki dan akses menuju stasiun dan halte angkutan umum. Serta kenaikan pesat jumlah penumpang TransJakarta hingga 200% dalam waktu kurang dari 3 tahun,” tambahnya.

Seperti diketahui, Jakarta masuk dalam nominasi STA 2020 karena banyaknya perubahan positif yang terjadi di Jakarta dalam kaitannya dengan sistem transportasi berkelanjutan.

“Kita masuk dalam putaran final bersama 12 kota dari berbagai negara di dunia, sebut saja Richmond (USA), San Jose (Costa Rica), Kingston (Canada), Bogota (Colombia) dan lain sebagainya. Dalam prosesnya, Jakarta menduduki posisi 3 besar bersama Pune (India) dan Kigali (Rwanda),” urainya.

Hingga akhirnya, sambung Anies, Jakarta dianugerahi Honorable Mention. Juara STA 2020 tahun ini memang Pune. “Tapi sejak penilaian selesai justru Jakarta Iebih semangat lagi lakukan perbaikan, misal penambahan rute JakLingko, integrasi antarmoda semakin baik, penambahan jalur sepeda, complete streets diperbanyak, dan Pemprov DKI baru saja memulai kerja sama dengan PT KAI untuk integrasi dan penataan stasiun Jabodetabek,” tutupnya.[asa]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *