Anies Tutup TPU di Jabodetabek, Ziarah Kubur pada 12-16 Mei 2021 Ditiadakan

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Menjelang dan saat lebaran, Tempat Pemakaman Umum (TPU) biasanya diramaikan dengan banyaknya orang berziarah. Akan tetapi untuk tahun ini, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengeluarkan kebijakan meniadakan kegiatan ziarah di TPU di Jabodetabek mulai 12-16 Mei mendatang.

Kebijakan ini untuk mengurangi mobilisasi warga lintas wilayah selama Lebaran. Hal tersebut disampaikannya usai rapat koordinasi bersama dengan kepala daerah wilayah penyangga, Pangdam Jaya, hingga Kapolda Metro Jaya.

Berita Lainnya

“Kegiatan ziarah kubur ditiadakan mulai ditiadakan tanggal 12 Mei sampai dengan hari minggu 16 Mei, seluruh pemakaman di Jabodetabek akan ditutup dari pengunjung untuk ziarah tetapi kegiatan untuk pemakaman sendiri berjalan di tempat-tempat pemakaman itu, nanti diatur oleh dinas yang mengelola pemakaman,” ungkap Anies di Balai Kota, Jakarta, Senin (10/5/2021).

Kegiatan ziarah di masa pandemi ini juga ditiadakan pada tahun lalu. Namun, kegiatan pemakaman tetap bisa dilakukan.

“Sama tahun lalu juga tidak ada ziarah kubur. Jadi TPU ditutup, tempat pemakaman umum ditutup kemudian pemakaman tetap dilaksanakan tapi ziarah tidak dilaksanakan hanya mulai Rabu sampai Minggu,” jelasnya.

Anies menuturkan resto, rumah makan, dan pusat belanja juga tetap dibatasi 50 persen dan tutup pukul 21.00 WIB di seluruh Jabodetabek. Tempat wisata kapasitas pengunjung 30 persen.

“Hanya menerima pengunjung ber-KTP setempat, jadi tempat wisata di Bogor hanya menerima pengunjung dari Bogor, tempat wisata di Jakarta hanya menerima pengunjung ber-KTP Jakarta. Beberapa kesepakatan yang nanti akan diatur di dalam surat keputusan, surat edaran, atau seruan oleh masing-masing kepala daerah,” tuturnya. [rif]

Berita Terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *