Anis Baswedan Kaji Pelaksanaan Solat Idul Fitri 1442

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sedang mengkaji apakah pelaksanaan salat hari raya Idul Fitri 1442 H/ 2021 M, dapat dilakukan di area terbuka atau tidak.

Kebijakan ini dikaji, mengingat dalam rangka antisipasi penyebaran virus COVID-19 di Ibu Kota. Area terbuka seperti lapangan, dianggap juga bisa memungkinkan untuk pengawasan protokol kesehatan terutama jaga jarak.

Berita Lainnya

“Kami mempertimbangkan untuk mengizinkan pelaksanaan salat Id di area terbuka, karena mudah untuk mengatur jaraknya. Regulasinya nanti sesuai dengan arahan Surat Edaran Sekda DKI,” kata Anies di Jakarta, Selasa, (04/05).

“Jika kondisinya memungkinkan, semoga kita bisa istiqomah menjaga protokol kesehatan agar ikhtiar kita ini bisa berjalan dengan lancar,” sambungnya.

Anies juga memberikan arahan kepada seluruh jajarannya, untuk bersiap mengantisipasi segala kemungkinan terhadap potensi kenaikan laju kasus aktif COVID-19. Baik itu menjelang maupun pasca lebaran.

Hal ini diupayakan dengan mempersiapkan regulasi dalam berbagai hal. Seperti pengendalian jumlah pengunjung di berbagai pasar di Jakarta, mengawasi area perkantoran, serta memastikan kegiatan peribadatan selama Ramadhan hingga pelaksanaan salat Idul Fitri sesuai protokol kesehatan.

“Ini semua kita lakukan agar potensi kenaikan kasus sebelum lebaran bisa diminimalisir. Namun, pasca lebaran kita tidak boleh lengah, karena berkaca pada masa sebelum pandemi, banyak terjadi mobilisasi dari daerah ke Ibu Kota,” katanya.

Untuk itu, ia meminta kepada jajaran forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) untuk bersama-sama berkoordnasi dalam mencegah adanya penularan COVID-19.

“Di situlah momen yang sangat vital dan paling berisiko, sehingga seluruh jajaran Forkopimda di DKI, bahkan tetangga kita di daerah penyangga Ibu Kota juga diajak untuk berkolaborasi dalam mengendalikan mobilisasi warga tersebut,” jelas Anies. [dbm]

Berita Terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *