Internasional

Antisipasi Bertemu Kim, Presiden Korsel Takkan Hadiri Forum Rusia

Presiden Korsel Moon Jae-in (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Vladivostok, 6 September 2017. (Foto: AFP/Sputnik/MICHAEL KLIMENTYEV)

Seoul: Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, menolak hadir di Forum Ekonomi Timur yang akan diselenggarakan Rusia di Vladivostok. Ia menolak karena pertemuan ketiga dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dapat terjadi di suatu tempat pada September mendatang.

Lewat keputusan Moon, orang yang akan hadir dan bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Vladivostok adalah Perdana Menteri Korsel Lee Nak-yeon. Forum Ekonomi Timur dijadwalkan berlangsung pada 10-12 September.

"PM Lee Nak-yeon akan menghadiri Forum Ekonomi Timur," kata juru bicara istana kepresidenan Korsel, Kim Eui-kyeom, seperti dinukil dari UPI, Selasa 28 Agustus 2018.

Ia menambahkan Presiden Moon telah mengirim surat kepada Putin untuk meminta "pengertian" mengenai situasi saat ini.

Sementara itu, Majelis Nasional Korsel mempertanyakan keputusan mengirim PM Lee ke Vladivostok. Hal ini dikarenakan PM Lee sudah dijadwalkan sebelumnya untuk menghadiri sesi interpelasi di parlemen Korsel pada 10-12 September.

"Saya akan berterima kasih kepada Majelis Nasional jika mereka bersedia menunjukkan fleksibilitas mengenai kehadiran PM Lee dalam sesi interpelasi," ucap Kim Eui-kyeom, mengindikasikan bahwa forum di Rusia lebih diprioritaskan.

Korut dan Korsel sudah sepakat untuk kembali bertemu pada September di Pyongyang. Namun, lokasi persis serta tanggal KTT ketiga itu belum ditentukan.

Istana kepresidenan Korsel, Blue House, mengatakan tidak ada perubahan dalam rencana KTT ketiga tersebut, yang telah dibuat sejak Presiden Amerika Serikat Donald Trump memutuskan membatalkan perjalanan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo ke Korut. 

Trump membatalkan kunjungan Pompeo dengan alasan kurang adanya kemajuan dalam denuklirisasi di Korut.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close