Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 Selama Libur Lebaran, Ini yang Dilakukan Menkes

  • Whatsapp
Antisipasi Lonjakan Kasus COVID-19, Kemenkes Tingkatkan Kesiapan Rumah Sakit

INDOPOLITIKA.COM – Seiring dengan dimulainya libur Lebaran 2021, memunculkan kekhawatiran dari pemerintah akan melonjaknya kasus Covid-19.

Untuk mengantisipasi hal itu, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyatakan siap meningkatkan kesiapan rumah sakit (RS) rujukan.

Berita Lainnya

“Lebaran sudah dekat. Tugas kami adalah mempersiapkan menghadapi kondisi terburuk,” kata Budi Gunadi Sadikin saat menyampaikan keterangan pers di Kantor Presiden, kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (10/5/2021).

Budi memaparkan, secara nasional, ketersediaan tempat tidur perawatan di seluruh rumah sakit yang ada ialah 390.000 unit. Dari jumlah tersebut sekitar 70.000 dialokasikan untuk perawatan pasien COVID-19 yang harus menjalani isolasi.

Sementara fasilitas tempat tidur ICU secara nasional diketahui berjumlah 22.000 di mana 7.500 di antaranya juga dialokasikan untuk perawatan pasien COVID-19.

“Saya ingin memberi gambaran bahwa kapasitas rumah sakit dan ICU yang kita miliki itu masih tiga kali lebih besar dari kapasitas tempat tidur dan ICU yang kita dedikasikan untuk Covid-19 saat ini,” ujar Budi Gunadi Sadikin. [rif]

Berita Terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *