Apindo : Untuk Bisa Bersaing di Pasar Internasional Kualitas SDM Harus Diperbaiki

  • Whatsapp
Ketua Apindo Hariyadi Sukamandi

INDOPOLITIKA.COM- Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyebut ada lima permasalahan yang membebani pengusaha yang harus diselesaikan oleh para menteri Kabinet Indonesia maju.

Adapun lima permasalahan itu yakni, rendahnya kompetensi SDM; rendahnya daya saing industri akibat biaya tinggi dari sisi transportasi, logistic, cost, dan energy cost yang tiadak mendukung; regulasi yang kompleks, tumpang tindih dan rumit; minimnya koordinasi dan komunikasi lintas kementerian, sektoral, serta pusat dan daerah; serta tingginya biaya impor bahan baku dan bahan-bahan setengah jadi.

Baca Juga:

Dengan banyaknya permasalahan ini, Ketua Apindo Hariyadi B. Sukamandi berharap pemerintah bekerja secara profesional sehingga mampu membuat gebrakan dan terobosan positif guna menstimulasi peningkatan iklim usaha.

“Memperkecil hambatan yang ada, serta menyelesaikan permasalahan dan tantangan perekonomian Indonesia,” ujarnya melalui siaran pers, Sabtu (26/10/2019).

Hariyadi menambahkan adanya komunikasi baik dan koordinasi baik lintas kementerian dan lembaga sektoral merupakan kunci utama yang harus diwujudkan guna membangun kepercayaan pasar terhadap iklim usaha.

Apindo, kata dia, sebagai mintra pemerintah siap memberikan masukan membangun atau konstruktif kepada kabinet Indonesia Maju. Apindo juga siap bersinergi dalam program-program pemerintah, khususnya dalam memenuhi lima prioritas kerja.

“Apindo juga mendukung adanya rencana Omnibus Law yang diharapkan mampu mereformasi aturan–aturan yang saling mengunci dan overlapping,” kata Hariyadi.

Apindo menaruh harapan besar agar kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pemerintah yang baru saja dilantik ini dapat menggairahkan dunia usaha. Sehingga bisa menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan efisiensi dan produktivitas dunia usaha, menciptakan industri mumpuni yang mampu bersaing di kancah internasional, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.[pit]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *