Arab Saudi Siapkan Hukuman Bagi Warganya yang Nekat Bepergian ke Indonesia

  • Whatsapp
Bendera Arab Saudi. (Reuters)

INDOPOLITIKA.COM – Sebagai bagian dari upaya Arab Saudi mencegah penyebaran virus Corona dan varian-varian baru, Pemerintah Arab Saudi akan menghukum warganya dengan larangan bepergian selama 3 tahun apabila mereka mengunjungi Indonesia ataupun negara lain yang masuk” daftar merah”.

Seorang pejabat kementerian dalam negeri, sebagaimana dikutip dari kantor berita SPA, mengatakan beberapa warga Arab Saudi, yang pada Mei dibolehkan pergi ke luar negeri tanpa izin terlebih dahulu dari pihak berwenang, sudah melanggar aturan perjalanan.

Berita Lainnya

“Siapa pun yang terbukti terlibat akan dikenai tanggung jawab hukum serta ganjaran berat disaat mereka kembali, serta akan dilarang bepergian selama 3 tahun,” tutur pejabat itu.

Arab Saudi sudah melarang perjalanan langsung atau transit di sejumlah negara, termasuk Indonesia, Afghanistan, Argentina, Brazil, Mesir, Ethiopia, India, Lebanon, Pakistan, Afrika Selatan, Turki, Vietnam dan Uni Emirat Arab.

“Kementerian Dalam Negeri menegaskan kalau masyarakat negara masih dilarang bepergian langsung ataupun lewat negara lain ke negara-negara tersebut atau negara lain yang belum mengendalikan pandemi atau di mana varian baru sudah menyebar,” tutur pejabat tersebut.

Sebelumnya, Arab Saudi sudah melarang penerbangan asal RI sejak Februari 2021. Arab Saudi sendiri melakukan sejumlah aturan ketat untuk membendung corona, di antaranya membatasi kuota haji dari 2 juta menjadi 6.000 orang saja. [rif]

 

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *